Sukseskan Asian Games 2018 dan Asian Paragames 2018

Angin Segar Untuk Penyelenggaraan Indonesia 2018 Asian Para Games

  • Asian Para Games
  • Senin, 08 Mei 2017

Panitia Pelaksana Indonesia 2018 Asian Para Games (INAPGOC) akan mempercepat segala persiapan penyelenggaraan Asian Para Games mengingat waktu pelaksanaan tinggal 18 bulan lagi. Beberapa kendala masih dihadapi oleh INAPGOC, diantaranya minimnya anggaran dan arena pertandingan yang belum ramah terhadap para penyandang disabilitas. Hal ini menjadi bagian dari pembahasan dalam Rapat Koordinasi Komite Indonesia 2018 Asian Para Games, yang berlangsung di Hotel Menara Peninsula, Jakarta.

Namun, INAPGOC bisa sedikit bernafas lega terkait masalah anggaran. “Sesuai anggaran yang kami susun, tahun ini kami membutuhkan dana Rp 83 miliar. Pemerintah sepakat memberikan dana tersebut yang diambil dari dana anggaran pendapatan dan belanja negara hasil relokasi anggaran pembangunan Olympic Centre,” kata Ketua INAPGOC, Raja Sapta Oktohari.

Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, Gatot S Dewa Broto, yang membuka rakorkom ini menyatakan bahwa persiapan Asian Para Games harus sejalan dengan Asian Games. "Pada seluruh ajang multieven olahraga dan tingkat nasional seperti PON, regional seperti SEA Games dan ASEAN Paragames, dan internasonal seperti Olimpiade selalu digelar beriringan dalam waktu yang berdekatan dengan ajang untuk para atlet difabel, ini menjadi wujud nyata pengakuan dan persamaan," ucap Gatot.

Dengan berbagai kendala yang ada, Presiden Komite Paralimpiade Asia (APC), Majid Rashed, tetap optimistis bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah yang baik. “Saya optimistis Indonesia masih punya cukup waktu dan memiliki sumber daya yang mampu menjadi penyelenggara Asian Paragames 2018,” ujarnya.

Rapat yang berlangsung pada tanggal 4 sampai dengan 6 Mei 2017 ini juga dihadiri oleh Staf Ahli Menteri Bidang Kerja Sama Kelembagaan, Adiati Noerdin, Asisten Deputi Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus, Bayu Rahadian, serta beberapa anggota Dewan Eksekutif APC.