AYO OLAHRAGA! DIMANA SAJA, KAPAN SAJA, BERSAMA SIAPA SAJA. LAYANAN ADUAN DEPUTI 3 (http://deputi3.kemenpora.go.id/statik/dialog) SEKRETARIAT DEPUTI PEMBUDAYAAN OLAHRAGA (GEDUNG PPITKON LANTAI 2)

BIMBINGAN TEKNIS SPORT DEVELOMENT INDEKS (SDI) DAN FESTIVAL SKJ JADOEL

  • Kamis, 26 September 2019

Rabu (25/09/19), Kemenpora kali ini khususnya Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga  mengadakan bimbingan teknis Sport Development Indeks dan Festival SKJ Jadoel yang bertempat di Hotel Aryaduta Lippo Karawaci, Tangerang. Pada kesempatan ini, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta membuka kegiatan yang diikuti sebanyak 34 akademisi dari 34 perguruan tinggi negeri dan 34 yayasan lembaga keolahragaan dari 44 daerah yang ada di Indonesia tersebut.

Kegiatan ini berlangsung pada 25 s.d. 27 September 2019. Di dalam pidatonya, Deputi Bidang Pembudayaan dan Olahraga Raden Isnanta berharap agar SDI dapat dilaksanakan dan selesai pada awal bulan Desember. Hal ini bertujuan agar indeks pembangunan olahraga Indonesia dapat terpetakan hasilnya. Sementara itu, tujuan dari Festival SKJ Jadoel untuk mendorong masyarakat Indonesia mendaur ulang SKJ, yang pernah menjadi ikon olahraga Indonesia, agar kembali disukai dan digemari oleh berbagai macam lapisan masyarakat Indonesia.

Sport Development Index (SDI) itu sendiri merupakan metode pengukuran yang di klaim sebagai alternatif baru untuk mengukur kemajuan pembangunan olahraga. Parameter dari kemajuan pembangunan olahraga itu sendiri mencakup empat dimensi dalam lingkup SDI, Antara lain : (1) ketersediaan ruang terbuka untuk olahraga, (2) partisipasi masyarakat, (3) Sumber Daya Manusia (SDM), dan (4) tingkat kebugaran jasmani masyarakat.

Semoga dengan adanya kegiatan Bimbingan Teknis ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas lagi kepada masyarakat Indonesia tentang Sport Development Index (SDI) dan juga untuk mengajak masyarakat untuk kembali menyukai dan menggemari SKJ Jadoel.