AYO OLAHRAGA! DIMANA SAJA, KAPAN SAJA, BERSAMA SIAPA SAJA. LAYANAN ADUAN DEPUTI 3 (http://deputi3.kemenpora.go.id/statik/dialog) SEKRETARIAT DEPUTI PEMBUDAYAAN OLAHRAGA (GEDUNG PPITKON LANTAI 2)

Delegasi Indonesia Ikuti Pertemuan Para Pemangku Kebijakan Olahraga se-ASEAN, Apa saja yang dibahas?

  • Rabu, 09 Oktober 2019

Indonesia adalah bagian dari negara ASEAN. Saat ini, delegasi Indonesia dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui Asdep Kemitraan dan Penghargaan Olahraga yang dipimpin oleh Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S Dewa Broto tengah mengikuti The 9th ASEAN Senior Officials Meeting on Sports (SOMS-9) yang berlangsung di Manila pada 7-8 Oktober 2019. Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan The 5th ASEAN Ministerial Meeting (AMMS-5) pada 9 Oktober 2019 yang dihadiri oleh seluruh negara anggota ASEAN dan Sekretariat ASEAN.

Pada SOMS-9 dibahas beberapa hal yang menjadi isu terkini di ASEAN yang harus ditindaklanjuti, diantaranya rencana pengajuan Indonesia yang menjadi salah satu co-host  Piala Dunia FIFA tahun 2034 yang masih harus duduk bersama di level ASEAN, Malaysia yang menggagas terbentuknya Federasi E-sport Asia Tenggara, ASEAN Sport Day yang akan menjadi salah satu agenda pada ASEAN Day setiap 8 Agustus, adanya gagasan pembentukan ASEAN Center of Excellence on Sport Management and Training yang membutuhkan pembahasan lebih lanjut, dan juga terkait fokus ASEAN untuk pengembangan olahraga tradisional seperti Pencak Silat, Sepak Takraw, dan Muaythai agar didorong menjadi cabang olahraga unggulan untuk Asian Games dan juga Olimpiade.

Kegiatan yang bertujuan untuk menjaga hubungan dengan negara-negara sahabat di Asia Tenggara ini masih akan memunculkan ide dan gagasan baru untuk mengembangkan olahraga di Asia Tenggara. Keberadaan Indonesia tentu memiliki peran luar biasa dalam unjuk ide dan gagasan yang dapat memajukan dunia olahraga Indonesia di masa yang akan datang.