AYO OLAHRAGA! DIMANA SAJA, KAPAN SAJA, BERSAMA SIAPA SAJA. LAYANAN ADUAN DEPUTI 3 (http://deputi3.kemenpora.go.id/statik/dialog) SEKRETARIAT DEPUTI PEMBUDAYAAN OLAHRAGA (GEDUNG PPITKON LANTAI 2)

Deputi 3 Ajak Masyarakat Berolahraga di Asean Festival 2019

  • Minggu, 21 Juli 2019

Semarang (20/7) Malam, usai sudah gelaran Asean Festival 2019 yang dilaksanakan dalam rangka Asean Schools Games 2019 di Alun-Alun Simpang Lima Semarang. Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora ikut berperan dengan membuka pameran dan mengajak pengunjung festival berolahraga. Bersama dengan Museum Olahraga Nasional, kegiatan yang telah dimulai sejak 17 Juli lalu itu ramai dikunjungi. 

 

Gerakan Ayo Bergerak yang berdurasi 40 detik diminati oleh pengunjung beragam usia, mulai dari anak-anak, remaja, hingga lansia. Pengunjung pameran diminta untuk melakukan gerakan senam tersebut secara bersama-sama. Meskipun diawal masih banyak yang malu-malu, namun karena dilakukan beramai-ramai, akhirnya rasa malu berubah menjadi rasa semangat, senam minta diulang 2 hingga 3 kali putaran. Semuanya siap bergerak dan kerap menjadi bahan tontonan pengunjung lainnya. Disediakan hadiah menarik bagi setiap pesenam yang bersemangat.

 

Turut dikenalkan olahraga tradisional dari Kalimantan Timur, yaitu “sumpit”. Olahraga adu konsentrasi dan ketepatan ini tak kalah menariknya untuk diikuti oleh pengunjung pameran. Banyak masyarakat yang baru tahu tentang keberadaan “sumpitan”. Bahkan ada yang ingin memiliki alatnya di rumah agar dapat bermain setiap hari. Tentunya, juga disediakan hadiah menarik bagi mereka dapat mencapai target angka 10.

 

Untuk menarik minat pengunjung, Deputi 3 juga menyediakan Photo Booth gratis cetak selama pameran berlangsung. Hobi masyarakat untuk berfoto tersalurkan sudah. Foto yang sudah dicetak kemudian diunggah ke sosial media instagram dengan tagar #AyoOlahraga dan #AyoBergerak. Berfoto dengan latar belakang Bola Raksasa diharapkan dapat menjadi kenangan dan pengingat bagi setiap pengunjung untuk berolahraga. 

 

“Di stand ini saya sudah ikut senam, berfoto, dan dapat hadiah. Saya senang sekali dan ingin juga mengajak orang lain berolahraga” ucap Aryo, siswa SMA Negeri 1 Ungaran yang mengunjungi pameran.

 

Mengajak masyarakat berolahraga memang tak mudah, dibutuhkan banyak cara termasuk dengan mengikuti pameran seperti ini. Menteri Pemuda dan Olahraga yang ikut berfoto dengan latar Bola Raksasa saat mengunjungi stand pameran deputi 3 tak bosan-bosannya mengajak masyarakat berolahraga “Ayo semuanya, kita berolahraga, dimana saja kapan saja bersama siapa saja, semangat!”, ucap Menpora. 

 

Asean Schools Games 2019 yang dilaksanakan di Semarang pada 17-25 Juli ini patut membuat Indonesia bangga. Berkat menjadi tuan rumah, Indonesia, tepatnya Kota Semarang, banyak didatangi oleh atlet pelajar serta kontingen se-Asean. Olahraga prestasi harus dimulai dengan olahraga yang membudaya di masyarakat, karena tiada prestasi tanpa partisipasi. (Uci)