Kerjasama PPLM Sepakbola dengan PS Bengkulu untuk tampil di Liga 2 Gowes Nusantara dan Gala Desa siap Kick Off 15 Mei 2017 LSP U-14 (Piala Menpora) 2017 siap digelar di 371 Kab/Kot LSP U-14 diikuti total 4.015 SSB (72.720 atlet)

Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga: Mahasiswa Berperan Penting Dalam Lestarikan Olahraga Tradisional

  • Jumat, 21 April 2017

Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta, menekankan pentingnya peran mahasiswa dalam melestarikan olahraga tradisional Indonesia. Hal ini disampaikan Isnanta pada acara Seminar Nasional dan Pelantikan Ikatan Mahasiswa Olahraga Indonesia (IMORI) Komisariat Aceh di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Aceh, Jumat pagi.

“Olahraga tradisional nusantara harus dilestarikan. Karena kalau tidak, nanti justru akan banyak olahraga tradisional asing yang masuk ke Indonesia. Kalau bisa, olahraga tradisional kita yang masuk ke negara lain,” kata Isnanta. “Mahasiswa punya peran untuk melestarikan. Salah satu caranya dengan memodifikasi olahraga tradisional, agar semakin menarik. Tentunya tanpa mengurangi keaslian olahraga tersebut,” tambahnya. Isnanta juga menyarankan agar para mahasiswa rajin untuk mencari stakeholders yang mau diajak bekerja sama dalam pelestarian olahraga tradisional nusantara.

Selain seminar nasional bersama para mahasiswa, Isnanta juga berkesempatan menyampaikan paparan pada acara Rapat Koordinasi Teknis Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Aceh. Pada rakornis ini, Isnanta menyampaikan langkah-langkah kebijakan nasional dalam pembangunan keolahragaan di Indonesia. Salah satu yang menjadi fokus utama adalah saat ini pemerintah sedang berusaha mengajak masyarakat agar membiasakan diri untuk berolahraga dan menjadikan olahraga sebagai bagian dari gaya hidup melalui program “Ayo Olahraga” dan “Gerakan Masyarakat Sehat.”