AYO OLAHRAGA! DIMANA SAJA, KAPAN SAJA, BERSAMA SIAPA SAJA. LAYANAN ADUAN DEPUTI 3 (http://deputi3.kemenpora.go.id/statik/dialog) SEKRETARIAT DEPUTI PEMBUDAYAAN OLAHRAGA (GEDUNG PPITKON LANTAI 2) Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadan 1441 H/2020 M. Ikuti Lomba Senam SAH (Stay At Home) Kemenpora Cek IG Deputi3Kemenpora

DUKUNG ATLET PANDAI MENGELOLA KEUANGAN, KEMENPORA ADAKAN PENELUSURAN POTENSI DAN BAKAT ATLET

  • Senin, 10 Agustus 2020

Tangerang: Kementerian Pemuda dan Olahraga mengadakan kegiatan Penelusuran Potensi dan Bakat Atlet bertempat di Days Hotel and Suites Airport, Tangerang. Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta, mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga, pada Senin (10/8) pagi ini.

 

Dalam laporannya, Asisten Deputi Kemitraan dan Penghargaan Olahraga, Suyadi Pawito melaporkan kegiatan ini melibatkan peserta sebanyak 41 (empat puluh satu) atlet berprestasi mewakili dari 17 cabang olahraga di single event dan multi event yang berdomisili di Jabodetabek dan Bandung. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari yaitu 9 s.d. 11 Agustus 2020.

 

Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta dalam sambutannya menyampaikan selamat mengikuti kegiatan Penulusuran Potensi dan Bakat kepada peserta. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini para atlet bisa mempersiapkan diri ke depan nantinya.

 

“Atlet harus pandai me-manage keuangan, dan harus pandai perpikir secara dinamis. Kedepan jika akan berbisnis maka harus bisa mengatur diri dan lingkungan, mengatur pola kerja yang dapat mengembangkan karier. Bisnis dengan menggunakan digital dalam era 4.0 menuntut digitalisasi dan bisa menatap apa tren yang sedang diminati”, tambahnya.

 

Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga telah memberikan penghargaan berupa bonus kepada atlet-atlet peraih medali pada ajang single event dan multi event. Bonus berupa dana tunai tersebut diharapkan dapat termanfaatkan dengan baik untuk kesejahteraan masa depan atlet.

 

Adapun maksud dan tujuan dari kegiatan Penelusuran Potensi dan Bakat Atlet ini adalah untuk memetakan dan menemukan potensi lain setelah atlet tersebut sudah tidak aktif/pensiun dengan metode assessment, yang selanjutnya akan diberikan pelatihan dasar-dasar kecakapan hidup.

 

Metode pembelajaran yang diberikan meliputi pre-test, materi umum, audit potensi dan bakat “Psikometri Tes Minat dan Tes Bakat”, dinamika kelompok, diskusi dan wawancara. Sedangkan materi yang diberikan diantaranya: Teknis Pola Pembinaan dan Pengembangan Karier Atlet, Kebijakan Pola Pembinaan dan Pengembangan Karier Atlet, Brainstorming Program Pemanfaatan Penghargaan serta Motivasi Karier Bagi Atlet, dengan menghadirkan narasumber dari Tim Trainer TRUST CO.

 

Selama penyelenggaraan kegiatan tersebut tetap mengikuti protokol kesehatan diantaranya dengan melakukan rapid test kepada seluruh peserta, panitia, dan narasumber sebelum acara dimulai, menggunakan masker, menjaga jarak, menyediakan hand sanitizer, dan melakukan koordinasi dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 wilayah Tangerang.

 

Turut hadir mendampingi dalam acara pembukaan Sekretaris Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, Hj. Suryati, Asisten Deputi Kemitraan dan Penghargaan Olahraga, Suyadi Pawito, Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda, Imam Gunawan,  serta sejumlah eselon 3 dan 4 beserta staf di lingkungan Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga. (ndi)