AYO OLAHRAGA! DIMANA SAJA, KAPAN SAJA, BERSAMA SIAPA SAJA. LAYANAN ADUAN DEPUTI 3 (http://deputi3.kemenpora.go.id/statik/dialog) SEKRETARIAT DEPUTI PEMBUDAYAAN OLAHRAGA (GEDUNG PPITKON LANTAI 2) Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadan 1441 H/2020 M. Ikuti Lomba Senam SAH (Stay At Home) Kemenpora Cek IG Deputi3Kemenpora

Kemenpora adakan Lomba Senam Virtual bertajuk "Senam Stay at Home (SAH)

  • Kamis, 23 April 2020

Upaya pemerintah untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia dilakukan dengan mengurangi aktivitas masyarakat di luar rumah. Ajakan untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah gencar disosialisasikan. Termasuk dalam berolahraga, pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga pada Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga meluncurkan gerakan senam Stay at Home (SAH).

 

Berkegiatan #DiRumahAja membuka peluang masyarakat terkena penyakit tertentu akibat kurang gerak. Untuk itu, perlu bagi pemerintah menyiapkan pilihan olahraga yang dapat dilakukan dengan mudah selama menghadapi COVID-19, salah satunya senam SAH.

 

Senam SAH terdiri dari 3 bagian yaitu pemanasan, gerakan inti, dan pendinginan. Sementara lomba senam hanya untuk gerakan inti saja dengan durasi gerakan kurang dari 2 menit. Gerakan senam SAH dapat dilakukan sendiri (individu) ataupun bersama keluarga inti (maksimal 3 orang).

 

Senam SAH akan mulai dilombakan pada 1 Mei 2020 mendatang. Untuk periode pertama adalah Lomba Senam Individu di Instagram (pengumuman pemenang pada 14 Mei), dilanjutkan periode kedua adalah Lomba Senam Individu di Facebook (pengumuman pemenang pada 11 Juni), dan periode ketiga adalah Lomba Senam Individu di Youtube (pengumuman pemenang pada 25 Juni).

 

Berikutnya dilanjutkan dengan periode keempat yaitu Lomba Senam Keluarga di Instagram (pengumuman pemenang pada 9 Juli), periode kelima yaitu Lomba Senam Keluarga di Facebook (pengumuman pemenang pada 23 Juli), dan ditutup dengan periode keenam yaitu Lomba Senam Keluarga di Youtube (pengumuman pemenang pada 6 Agustus).

 

Untuk masing-masing periode tersebut akan dipilih 10 orang pemenang oleh dewan juri. Tak hanya itu, panitia juga akan memilih 40 orang pemenang tambahan pada grand final yang akan diumumkan 17 Agustus 2020. Beberapa kategori pemilihan pemenang grand final yaitu kategori individu/keluarga caption terbaik, kategori individu/keluarga kostum terunik, kategori individu/keluarga mimik wajah ter-ekspresif, kategori keluarga terkompak, kategori likes terbanyak versi instagram/facebook, kategori viewers terbanyak versi youtube, kategori teknik terbaik versi instagram/facebook/youtube, serta video terlucu.

 

Panitia juga telah menyiapkan hadiah menarik bagi pemenang, yaitu uang tunai senilai 750.000 rupiah untuk individu/keluarga pada setiap periode serta uang tunai senilai 1.375.000 rupiah untuk pemenang tambahan pada grand final.

 

Berdasarkan ketentuan yang ditetapkan panitia bahwa 1 individu/keluarga hanya boleh mengikuti 1 jenis lomba pada keseluruhan periode lomba senam yang tersedia, maka sebelum mengikuti lomba hendaknya peserta memilih terlebih dahulu periode mana yang akan diikuti. Kepada peserta dimohon untuk memastikan kelengkapan tagar dan mention sesuai yang disyaratkan oleh panitia.

 

Panitia juga telah mengunggah lagu yang digunakan untuk senam, yaitu lagu Ayo Olahraga yang dapat diunduh pada web kemenpora.go.id (http://www.kemenpora.go.id/index/preview/pengumuman/624).

 

Olahraga adalah kebutuhan tubuh yang harus kita penuhi, sama seperti makan dan minum. Sehat adalah investasi hidup yang sangat mahal harganya. Menjaga kesehatan tubuh dapat dilakukan dengan berolahraga. Ayo Olahraga!