AYO OLAHRAGA! DIMANA SAJA, KAPAN SAJA, BERSAMA SIAPA SAJA. LAYANAN ADUAN DEPUTI 3 (http://deputi3.kemenpora.go.id/statik/dialog) SEKRETARIAT DEPUTI PEMBUDAYAAN OLAHRAGA (GEDUNG PPITKON LANTAI 2)

Kemenpora Finalisasi Instrumen Sport Development Index (SDI)

  • Selasa, 01 Desember 2020

Sport Development Index (SDI) merupakan ukuran pembangunan keolahragaan sejak 2005 yang terus dikembangkan agar menjadi sebuah metode atau alat ukur yang obyektif dan valid untuk mengetahui keberhasilan pembangunan keolahragaan di Indonesia. Terdapat empat dimensi yang dijadikan tolak ukur dalam SDI, yaitu: (1) Dimensi partisipasi (2) Dimensi kebugaran jasmani masyarakat, (3) Dimensi ruang terbuka/ruang publik untuk berolahraga, dan (4) Dimensi sumber daya manusia keolahragaan.

 

Sport Development Index dilaksanakan oleh Kementerian Pemuda olahraga dengan bersinergi dengan K/L terkait dari tingkat pusat hingga daerah. Dengan adanya Sports Development Index maka dapat dijadikan acuan untuk mengetahui perilaku hidup sehat masyarakat Indonesia. Selanjutnya pemerintah dapat mengambil kebijakan mengenai pembangunan olahraga di Indonesia yang berujung pada kualitas SDM yang aktif dan unggul untuk meraih pembangunan nasional secara umum.

 

Untuk mendapatkan SDI yang akurat tentu perlu dilakuan pengumpulan data dengan terjun langsung ke daerah-daerah. Hal ini tentu akan melibatkan beberapa unsur yang seperti Badan Pusat Statistik dan Dinas Pemuda dan Olahraga sebagai perpanjangan tangan Kementerian Pemuda dan Olahraga. Dari kegiatan ini diharapkan menghasilkan satu rekomendasi kebijakan berupa naskah SDI untuk mengukur pembangunan Olahraga di Indonesia.

                         

Kementerian Pemuda dan Olahraga melaksanakan kegiatan Finalisasi Instrumen SDI pada 25 s.d. 27 November 2020 lalu di Fame Hotel Gading Serpong, Tangerang Banten. Kegiatan ini dihadiri oleh internal Kementerian Pemuda dan Olahraga serta praktisi dan akademisi olahraga. Pada pertemuan tersebut dipaparkan hasil konsep/draft SDI, dilakukan finalisasi instrumen SDI, hingga perumusan hasilnya. Kegiatan Finalisasi instrumen SDI ini akan menjadi acuan dalam penyusunan SDI berikutnya, agar dapat dilakukan penyempurnaan SDI dari gagasan yang telah terhimpun.