Sukseskan Bali-IFC U15 Piala Menpora di Badung Bali

Kemenpora Gelar Lomba Senam Kebugaran Jasmani Jadoel

  • Olahraga
  • Rabu, 05 Desember 2018

Jakarta, Rabu - Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga terus mensosialisasikan Senam Kebugaran Jasmani (SKJ) yang di Tahun 90an sempat booming dengan menggelar lomba berlevel Nasional di Wisma Kemenpora, 4-5 Desember 2018.

Tujuan digelarnya lomba ini agar SKJ kembali menjadi primadona dalam olah gerak yang dipadukan dengan musik yang enerjik, karena SKJ ini pernah menjadi ikon kebugaran orang Indonesia yang kini telah ditinggalkan seiring maraknya senam-senam lainnya terlebih produk luar negeri. 

Kepala Bidang Pengembangan Sanggar dan Pusat Kebugaran Kemenpora Waluyono mengatakan bahwa peserta yang mengikuti lomba senam kebugaran jasmani 2018 Djadoel ini merupakan hasil dari pelatihan Training of Trainer (ToT) yang dilakukan pada 6 hingga 9 November lalu Kemenpora dan Gelanggang Remaja Jakarta Timur.

"Setelah mereka mendapatkan pelatihan pada program ToT, kemudian mereka pulang ke daerah masing-masing untuk mempersiapkan diri berlomba di Jakarta yang diikuti oleh 30 tim, 20 diantaranya kategori pelajar dan 10 untuk umum, waktu persiapan mereka hanya dua minggu," kata Waluyono.

Dispora Sidoarjo tampil sebagai juara dengan mengemas nilai 4322.5. Dispora Sulawesi Selatan berada diurutan kedua setelah meraup 4183,5 poin, sedangkan Dispora DKI Jakarta harus puas berada di posisi ketiga dengan raihan 4128,5 poin. Sementara itu, Perwosi Yogyakarta, Sapta Raga dan Diaspora Aceh, masing-masing berada diperingkat empat hingga enam.

Dalam menutup perhelatan, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta mengucapkan terimakasih kepada para peserta yang hadir berlomba di Ibu Kota.

Pria asal Kulon Progo itu juga mengatakan jika para peserta harus menjadi duta SKJ Kemenpora di daerahnya masing-masing. "Hasil dari sini harus disampaikan dan ditularkan pada masyarakat luas di daerahnya masing-masing, agar masyarakat Indonesia lebih sehat dan bugar," ucapnya.(tim)