Selamat Menjalankan Ibadah Puasa. Ramadan Juara!

Kick Off Youth National Esports Championship 2019 Berlangsung Meriah, Menpora Sambut Baik Ajang Ini

  • Olahraga
  • Selasa, 29 Januari 2019

JAKARTA-Selasa (29/1) Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta mendampingi Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi dalam acara Kick Off dan Konferensi Pers dalam ranga Pertandingan Esports Sekolah, Youth National Esports Championship 2019 bertempat di Wisma Kemenpora, Jakarta.

Youth National Esports Championship 2019 sendiri merupakan rangkaian program Garena Goes School, yaitu program pemberdayaan Esports yang positif di antara pelajar di Indonesia. Turnamen ini akan diadakan di 22 kota, dimana 600 sekolah akan bertanding dalam game Arena of Valor (AOV) dan Free Fire.

Pemenang dari masing-masing sekolah kemudian akan melanjutkan pertandingan ke tingkat kota, regional dan terakhir ke tingkat nasional untuk memperebutkan Piala Menpora di Bulan September. Pemilihan kedua mobile game ini tidak lepas dari prestasi yang telah dicapai dimana Arena of Valor dinobatkan sebagai Best Multiplayer Game di ajang International Mobile Gaming Award (IMGA) 2018 serta masuk sebagai salah satu cabang eksibisi di Asian Games 2018. Sementara Free Fire terpilih sebagai Google Play User’s Game Choice of 2018.

Esports (electronic sports) sendiri merupakan pertandingan olahraga elektronik dimana atlet bertanding secara online melalui media elektronik seperti komputer maupun telepon genggam. Pertandingan olahraga elektronik ini membutuhkan beberapa orang dalam satu tim dengan masing-masing atlet esports harus memiliki kombinasi yang baik antara skill kerjasama tim, dan tentunya dalam meraih kemenangan dalam setiap pertandingan.

Dalam sambutannya Menteri Pemuda dan Olahraga menyambut baik pertandingan esports untuk pelajar ini. “Ke depan pertandingan ini dapat menyiapkan bibit-bibit atlet esports yang nantinya siap mengharumkan nama tanah air Indonesia di kancah kompetisi Internasional. Melalui pertandingan esports sekolah pertama dan terbesar di Indonesia yang ikut difasilitasi oleh pihak sekolah ini, siswa dan siswi dapat menyalurkan bakat dan minatnya di bidang esports”, tutur Menpora Imam Nahrawi.

Menpora Imam Nahrawi juga menyempatkan diri masuk dalam tim pertandingan eksibisi yang digelar setelah acara kick off tersebut. dan tokoh karakter yang dipih oleh Menpora adalah "Wiro", dimana tokoh Wiro ini adalah tokoh karakter asli dari Indonesia.

Kompetisi esports tingkat pelajar terbesar ini terselengggara berkat kerjasama antara Kementerian Pemuda dan Olahraga  bersama perusahaan pengembang Mobile Games Garena Indonesia. Diharapkan program ini bisa menjadi wadah positif bagi para pelajar Indonesia untuk berprestasi di bidang olahraga esports.

Turut hadir dalam acara tersebut para pejabat Eselon 1 dan 2, staf dan karyawan Kemenpora, para tamu undangan serta para player game dari berbagai sekolah SMP dan SMA.(ndi)