Sukseskan Asian Games 2018 dan Asian Paragames 2018

Launching Sepeda Nusantara 2018, Menpora Ingin Ajang Ini Gemakan Asian Games dan Asian Para Games

  • Gowes Pesona Nusantara
  • Senin, 14 Mei 2018

Jakarta: Menpora Imam Nahrawi bersama Sesmenpora Gatot S Dewa Broto, Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta melaunching salah satu program unggulan Kemenpora yakni Sepeda Nusantara Tahun 2018 di Mega Anggrek Hotel dan Convention, Kemanggisan, Jakarta, Sabtu, (12/5) malam. 

Sepeda Nusantara 2018 ini dilaksanakan  dari  bulan Mei sampai November di  34 Provinsi yang melewati 201 kabupaten/kota. Dari 201 kabupaten/kota  dipilih empat zona yaitu Zona Barat, Zona Selatan, Zona Utara dan Zona Timur. Menpora menjelaskan bahwa sepada nusantara ini adalah cara kita untuk membudayakan olahraga kepada seluruh lapisan masyarakat. Kita tahu bahwa masing-masing orang itu punya pilihan olahraga salah satunya adalah sepeda. 

"Kita jadikan sepeda ini sebagai sarana untuk menyehatkan, mengokohkan, persatuan bahkan dengan bersepeda pasti kita akan lebih bisa menikmati alam yang lebih sehat. Komunitas bersepeda di mana-mana mulai dari kelompok usia anak-anak, dewasa bahkan club-club. Dan ini akan kita jadikan sebagai sarana untuk mengokohkan kita sebagai bangsa," ujarnya.

"Rute kali ini lebih menantang karena kita melewati berbagai pulau di Indonesia seperti,  Kalimantan, Sulawesi, Maluku Papua, Jawa dan berakhir di Bali. Rute ini tidak mudah pasti membutuhkan kekuatan fisik dan mental yang lebih apa lagi jarak tempuhnya kurang lebih sekitar 6700 km dan saya berharap di setiap rute dan di setiap persimpangan bisa mengeksplorasi kekayaan alam kita baik itu wisata, budaya, kuliner atau apa saja yang bisa ditemui dalam perjalanan sehingga  bersepeda itu menunjukkan kekayaan khazanah kita yang tiada tara dibanding dengan negara-negara lain," ucapnya. 

Masih katanya, kita akan  bersama-sama dengan kementerian lain untuk mensukseskan Sepeda Nusantara ini. "Bahwa  kita sebagai inisiatif Sepeda Nusantara akan mengandeng kementerian lain, tentunya dengan berbagai macam dukungan karena ini juga sekaligus menggemakan Asian Games dan Asian Para Games," tutupnya. 

Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta menyampaikan, malam ini adalah malam untuk pertama kalinya kita memperkenalkan wajah baru program dengan nama Sepeda Nusantara yang sebelumnya  bernama Gowes Pesona Nusantara. "Tujuan program ini untuk membuat masyarakat Indonesia dengan bersepeda menjadi sehat dan bugar. Lebih dari itu melalui sepeda kita sama akan memperkenalkan hajatan besar Indonesia yaitu  Asian Games dan Asian Para Games sehingga even-even yang di daerah maupun yang dijelajah selalu mengenalkan pada masyarakat bahwa Indonesia akan mengeler Asian Games dan Asian Para Games 2018," ucapnya. 

Ia pun mengajak melalui sepeda untuk menguatkan rasa kecintaan dan menguatkan kebangsaan. "Mari dengan bersepeda kita kuatkan rasa kecintaan dan rasa kebangsaan kita terhadap Indonesia, sehingga Indonesia menjadi negara yang kokoh dan olahraga menjadi bagian memperkokoh Indonesia," ucapnya. Dalam acara ini diperkenalkan juga logo dan theme song serta tim penjelajah sebanyak 15 orang. 

Pada kesempatan tersebut Menpora bersama yang lain memberikan sepeda secara simbolis pada 15 tim penjelajah sebagai tanda nilainya sepeda nusantara ini. Turut hadir, Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Rekreasi Teguh Raharjo, Asisten Deputi Bidang Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Bayu Rahadian, Sesdep Pembudayaan Olahraga Samsudin dan Asisten Deputi Pengelolaan Pembinaan Sentra dan Sekolah Khusus Olahraga Bambang Laksono, Staf Khusus Zainul Munasichin.(rep)