AYO OLAHRAGA! DIMANA SAJA, KAPAN SAJA, BERSAMA SIAPA SAJA. LAYANAN ADUAN DEPUTI 3 (http://deputi3.kemenpora.go.id/statik/dialog) SEKRETARIAT DEPUTI PEMBUDAYAAN OLAHRAGA (GEDUNG PPITKON LANTAI 2) Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadan 1441 H/2020 M. Ikuti Lomba Senam SAH (Stay At Home) Kemenpora Cek IG Deputi3Kemenpora

Meriahkan HAORNAS 2020: Senam Poco-Poco GWR New Normal Virtual Challenge Diluncurkan

  • Kamis, 27 Agustus 2020

Kamis, 27 Agustus 2020, Gedung PPITKON Kemenpora

 

Puncak perayaan Hari Olahraga Nasional sudah di depan mata. Tanggal 9 September 2020 adalah tahun ke-37 perayaan Hari Olahraga Nasional di Indonesia. Momen bersejarah ini dijadikan ajang untuk mengajak masyarakat terus berolahraga. Tentunya tahun ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya karena pandemi COVID-19 yang melanda seluruh penjuru dunia. Namun, semangat berolahraga tak boleh pudar. Virus dapat dilawan dengan imun tubuh yang kuat. Berolahraga adalah cara untuk menguatkan imun tubuh.

Beragam aktivitas fisik diluncurkan untuk dilaksanakan oleh masyarakat di rumah. Beragam gerakan senam untuk berbagai kalangan usia disiapkan untuk publik sebagai referensi berolahraga di ruangan yang terbatas sebagai akibat pembatasan sosial yang harus dijalankan selama masa pandemi. Jika dulu kita dapat berolahraga bersama-sama dalam jumlah besar, namun tidak dengan saat ini.

Masih sangat jelas diingatan kita, bagaimana Indonesia mencatat dan memecahkan Rekor Dunia “The Largest POCO POCO Dance” GUINNESS WORLD RECORDS pada tanggal 5 Agustus 2018 lalu. Dimana sejumlah 65.000 pesenam berhasil mempromosikan senam Poco-poco Nusantara sebagai warisan dan kekayaan budaya asli, yang perlu diangkat, dilestarikan dan dikembangkan oleh generasi penerus sebagai jati diri Bangsa Indonesia bagi dunia. Adalah penting untuk membudayakan senam Poco-poco Nusantara sebagai ajang promosi olahraga, budaya dan pariwisata Indonesia di kancah dunia.

Dimasa pandemi ini pun, untuk tetap menjaga pelestarian dan pengembangan poco-poco serta mengajak masyarakat tetap aktif bergerak dan berolahraga dalam rangka meningkatkan imunitas dan kebugaran tubuh menghadapi pandemi dan melawan COVID 19, maka FOKBI (Federasi Olahraga Kreasi Budaya Indonesia) bersama Kemenpora kembali menyelenggarakan  acara “POCO POCO GWR New Normal” Virtual Challenge melalui Media sosial Instagram dan Facebook @pocopocogwr  pada tanggal 27 Agustus –11 Oktober 2020.

 

Sapta Nirwandar, Ketua FOKBI, menyampaikan bahwa perlombaan ini dilaksanakan untuk mengajak masyarakat terus dapat hidup aktif di masa pandemi. Bahwa pandemi COVID-19 bukan halangan untuk terus bergerak.

Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga mengapresiasi pelaksanaan Poco Poco Virtual Challenge. “Pelaksanaan Poco-poco Virtual Challenge mudah-mudahan dapat menjadi magnet masyarakat untuk berolahraga. Agar momen ini mudah diingat dan menarik bagi masyarakat, tentu kita harus membuat sensasi. Sensasi ini bukan untuk gaya-gayaan, melainkan untuk memudahkan masyarakat mengingat kegiatan yang kita lakukan dan tentunya untuk membuat masyarakat lebih tertarik untuk berolahraga”, ucap Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta.

 

“POCO POCO GWR New Normal” Virtual Challenge dilaksanakan dalam beberapa kategori, yaitu :

1.           Pelajar / Mahasiswa

(tanggal 27 Agustus - 2 September 2020 )

2.           Kementerian/Lembaga/BUMN/TNI/POLRI/Dispora

(tanggal 6 September -  12 September 2020 )

3.           UMUM usia 45 tahun kebawah

(tanggal 16 September – 22 September 2020 )

4.           UMUM usia 46 tahun keatas

(tanggal 26 September – 2 Oktober 2020 )

5.           Pengirim Peserta Terbanyak dari masing-masing kategori

6.           Like Terbanyak dari peserta di Instagram & Facebook

 

Sementara untuk pengumuman seluruh pemenang diumumkan melalui Instagram dan facebook pada tanggal 11 Oktober 2020.(UC)