AYO OLAHRAGA! DIMANA SAJA, KAPAN SAJA, BERSAMA SIAPA SAJA. LAYANAN ADUAN DEPUTI 3 (http://deputi3.kemenpora.go.id/statik/dialog) SEKRETARIAT DEPUTI PEMBUDAYAAN OLAHRAGA (GEDUNG PPITKON LANTAI 2)

Museum Olahraga Nasional Terima Sertifikat CHSE dari Kemenparekraf RI

  • Senin, 11 Januari 2021

Pelaksanaan Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability (CHSE) atau yang selanjutnya disebut Pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan di Daya Tarik Wisata merupakan protokol kesehatan bagi masyarakat di tempat dan fasilitas umum dalam rangka pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

 

Daya Tarik Wisata adalah segala sesuatu yang memiliki keunikan, keindahan, dan nilai yang berupa keanekaragaman kekayaan alam, budaya, dan hasil buatan manusia yang menjadi sasaran atau tujuan kunjungan wisatawan. Museum Olahraga Nasional yang menjadi bagian dari Kementerian Pemuda dan Olahraga memiliki beragam koleksi yang menjadi daya tarik wisata bagi publik.

 

Di masa pandemi COVID-19, tentunya Museum Olahraga Nasional yang berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ini harus melakukan penyesuaian dalam menerima kunjungan dan memberikan pelayanan. Semuanya telah dibuatkan standarnya oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia yaitu berupa panduan. Panduan tersebut memuat beberapa hal terkait daya tarik wisata diantaranya pengaturan pintu masuk, loket, penyelenggaraan kegiatan wisata, fasilitas dan area publik, pintu keluar, kantor, dan ruang karyawan. Semuanya disesuaikan dengan protokol kesehatan baik bagi pengunjung dan petugas selama menerima dan melaksanakan pelayanan pada Museum Olahraga Nasional di masa pandemi COVID-19.

 

Setelah dilakukan penilaian dan verifikasi oleh Lembaga Sertifikasi akhirnya dilegalkan dalam bentuk sertifikat. Museum Olahraga Nasional menerima sertifikat CHSE dengan nomor CHSE04100/2020 yang berlaku dari 29 November 2020 s.d. 28 November 2021. Daya Tarik wisata yang memiliki sertifikasi CHSE dapat menjadi tujuan wisata yang aman bagi publik dan sertifikasi ini dapat meningkatkan keyakinan berbagai pihak serta meningkatkan reputasi usaha dan destinasi pariwisata.

 

#AyoKeMuseum

#MuseumOlahragaNasional