Kerjasama PPLM Sepakbola dengan PS Bengkulu untuk tampil di Liga 2 Gowes Nusantara dan Gala Desa siap Kick Off 15 Mei 2017 LSP U-14 (Piala Menpora) 2017 siap digelar di 371 Kab/Kot LSP U-14 diikuti total 4.015 SSB (72.720 atlet)

Press Release: GTPN 2017 | Etape #2 Hari #2: Padang Sidempuan – Nopan

  • Gowes Pesona Nusantara
  • Kamis, 06 Juli 2017

Tak Lekang Dihadang Hujan, Terus Melaju Promosikan Olahraga  dan menjadi Duta Persatuan Bangsa  

Padang, 5 Juli 2017 – JIka pada seremoni keberangkatan tim Gowes Touring Pesona Nusantara (GTPN) 2017 hari pertama dari Etape kedua kemarin dilepas oleh Asisten 2 Sekertaris Daerah Kabupaten Tapanuli Utara Osmar Silalahi dari halaman Kantor Bupati Tapanuli Utara, maka pada keberangkatan hari kedua  Tim Gowes dilepas oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga KabupatenTapanuli Selatan, Ali Akbar Hutasuhut MM, langsung di hotel Padang Sidempuan tempat para atlit menginap.   

Kemudian dilakukan ritual penyerahan Tanah dan Air dari daerah Tapanuli Selatan, yang akan dibawa oleh Tim untuk digabungkan  dengan Tanah dan Air dari daerah-daerah lainnya sepanjang Route Gowes Pesona Nusantara, guna dijadikan monumen Tanah Air Nusantara di kawasan Gunung Tidar, Magelang, dalam momentum Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada 9 September mendatang. Usai prosesi maka Tim Gowes melaju menyusuri jalan utama Padang Sidempuan menuju Kota Nopan di Mandailing Natal. Uniknya, Pak Kadispora Tapanuli Ali Akbar Hutasuhut berkenan turut mengawal perjalanan Tim Gowes Touring menuju kota Nopan hingga perbatasan antara Tapanuli Selatan dan Mandailing Natal.  

Tim Gowes sempat dimanjakan dengan rute turunan sejak awal perjalanan, dan pada  kilometer 15, Tim Gowes  menyempatkan mampir ke Benteng Huraba. Benteng bersejarah ini akrab disebut Benhur ini merupakan benteng pasukan Brimob untuk mengenang  kegigihannya di masa perjuangan, sehingga kawasan ini disebut jalur maut bagi pasukan tentara kolonial Belanda.    

Sembari melanjutkan perjalanan, di jalur-jalur yang cukup padat di daerah pemukiman dan perkotaan, saat  bertemu dengan keramaian massa, maka Tim Gowes menyempatkan diri menyapa masyarakat sebagai upaya mempromosikan dan mengkampanyekan pentingnya berolahraga untuk hidup sehat dan bugar    Masyarakat memberikan sambutan balik dengan penuh antusias dan  sangat menggembirakan. Mereka membalas menyapa bahkan menyemangati tim Gowes dengan lambaian dan senyuman yang nampak tulus dan manis.    

 

Tak Lekang Dihadang Hujan  

Sesampainya di perbatasan Tapanuli Selatan dan wilayah Mandailing Natal, Tim Gowes Touring langsung disambut oleh Wakil Bupati Madina HM jafar Suhaeri Nasution.  Kehadiran Wakil Bupati digenapi juga oleh Kadispora Madina, Ketua KONI, Ketua ISSI dan tokoh-tokoh masyarakat setempat. Penyambutan dilaksanakan tepat di bawah tugu perbatasan, dimana digelar upacara kecil penyerahan Tim Gowes dari Kadispora Tapanuli Selatan kepada Kabupaten Mandailing Natal. Usai seremonial ini Tim Gowes pun segera melanjutkan perjalanan. Namun tak beberapa waktu kemudian hujan turun mengguyur. Namun derasnya hujan tidak membuat tim mengambil jeda dan tetap melaju dibawah guyuran hujan hingga tiba di Taman Raja Batu tempat Bupati Madina Drs Haji Hasan Nasution dan jajaran Muspidanya telah menyiapkan penyambutan.    

 

Duta Persatuan Bangsa  

Dalam sambutannya Bupati menceritakan tentang adanya beberapa tokoh sejarah serta olahragawan yang berasal dari Mandailing Natal. Karenanya kepada tim Gowes yang dianggap masih muda, diharapkan mampu terus berprestasi dan tak segan untuk menceritakan tentang indahnya Mandailing Natal kepada daerah-daerah lain yang disinggahi. Tak lupa Bupati juga menggelar seremoni penyerahan Tanah dan Air serta Pataka Daerah kepada tim GTPN yang diwakili oleh atlet tertua, Fanny Gunawan (59 tahun) dan atlet termuda, Gita (16 tahun). Fanny Gunawan adalah salah satu legenda Balap Sepeda Indonesia yang pernah menggondol medali Emas diberbagai kompetisi internasional, yang dalam Tim ini juga bertindak sebagai Coach, sementara Gita Athlet muda yang potensial yang berprestasi dibeberapa ajang Kompetisi Balap Sepeda LCC. Saat melepas keberangkatan tim Gowes ke Kota Nopan, Bapak Bupati sempat  menyatakan kebanggaanya bahwa Tim Gowes Touring Pesona Nusantara telah menjadi Duta Persatuan Bangsa dengan ikut mengeratkan rasa nasionalisme serta ikut merekatkan kebanggaan persatuan bangsa.  

Jalur sebelum tiba di Kota Nopan menghadirkan tantangan yang tidak ringan. Tim Gowes harus  menaklukan tanjakan sambung menyambung sepanjang 10km  “Alhamdullilah semua rombongan bisa melalui nya dengan tetap berada dalam Satu rombongan besar,” jelas Rudi Klowor, Wakil Ketua Tim Gowes Touring yang juga bersepeda sambil menyemangati memantau pergerakan Tim.  “Cuaca cukup panas, tapi tidak membuat kami team GTPN patah semangat,” tambah sang Manager Atlet Woro Wigati penuh semangat. Namun tantangan alamnya  ternyata tak cukup dengan hanya tanjakan saja.

Mendekati Kota, Tim Gowes kembali diguyur hujan deras pegunungan. Tapi Tim terus melaju dibawah guyuran hujan hingga sekitar pukul 15.45, ketika sayup terdengar  suara gamelan khas Nopan yang menandakan tim telah mendekati lokasi Finish  di Kota Nopan. Di Kota ini Tim Gowes langsung disambut dengan kerianggembiraan oleh Kadispora, beserta jajaran Ketua KONI, Camat, Kades, Kapolsek dan tokoh-tokoh agama setempat. Akhirnya usai seremoni yang ditutup dengan doa dari para ulama, tim bisa segera beristirahat di Mess Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang ada di Kota Nopan. “Terimakasih kami ucapkan kepada semua pihak yang menyambut kami, Kadispora masing-masing daerah beserta jajarannya. Doa dan support  dari semua pihak dalam mensukseskan Gowes Touring Pesona Nusantara. Senantiasa sehat itu harapan kami,” pungkas Woro Wigati dengan doa dan syukur, setelah Tim Gowes mencapai Finish dengan selamat sempurna.  “Semoga perjalanan besok juga lancar tanpa kendala hingga tiba di Sumatera Barat dengan selamat,” tambah Fito Bakdo Prilanji menimpali.  Malam hari, Tim Gowes kembali dijamu dalam Pesta Makan Malam oleh Bupati Mandailing Natal, dengan suguhan Budaya Nopan.  

 

Hari ini Kamis, 6 Juli 2017, Tim Gowes akan menempuh perjalanan kembali menuju kota Pasaman sejauh 120 km yang memasuki wilayah Provinsi Sumatera Barat, melintasi medan tanjakan yang tidak kalah berat dibandingkan hari-hari sebelumnya.   Kegiatan Gowes Touring Pesona Nusantara ini merupakan gerakan kampanye #Ayoolahraga yang digagas oleh Kementerian Pemuda dan Olah Raga,  yang dicanangkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga pada tanggal 13 Mei 2017di Sabang,  untuk menggerakkan masyarakat agar gemar berolahraga dan hidup sehat serta bugar. Tim Gowes Touring Pesona Nusantara akan menempuh total perjalanan 5000 km setelah Start dari kilometer 0 Sabang sampai Finish di Kota Magelang.