AYO OLAHRAGA! DIMANA SAJA, KAPAN SAJA, BERSAMA SIAPA SAJA. LAYANAN ADUAN DEPUTI 3 (http://deputi3.kemenpora.go.id/statik/dialog) SEKRETARIAT DEPUTI PEMBUDAYAAN OLAHRAGA (GEDUNG PPITKON LANTAI 2)

Putus Rantai Penyebaran COVID-19: Tes Lanjutan Seleksi Nasional SKO Kemenpora Dilaksanakan Daring

  • Kamis, 10 Desember 2020

Penerimaan Siswa Baru (PSB) Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Kemenpora yang dilaksanakan di masa pandemi COVID-19, membuat pelaksanaan tes fisik dan keterampilan yang menjadi bagian dari proses seleksi harus dilaksanakan secara daring. Penyesuaian ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia.

 

Dari 534 pendaftar, sebanyak 327 peserta dinyatakan lulus seleksi administrasi dan berhak lanjut pada proses berikutnya yaitu tes fisik dan keterampilan. Keduanya dilaksanakan daring melalui aplikasi zoom dengan jadwal yang telah ditentukan oleh panitia pada 7 s.d. 12 Desember 2020.

 

Adapun tahapan tes yang dilaksanakan pada tes fisik adalah (1) tes kecepatan (speed) yaitu sprint 20 meter untuk mengetahui kemampuan kecepatan gerak seorang atlet dan (2) tes daya tahan aerobik untuk mengetahui kapasitas aerobik dan kemampuan pengambilan/penyerapan oksigen maksimal (VO2Max) atlet.

 

Tes fisik dan keterampilan dilaksanakan berkelompok sesuai cabang olahraga yang diminati calon atlet. Adapun beberapa pilihan cabang olahraga yang dibuka pada PSB SKO 2020 ini diantaranya sepakbola, taekwondo, panahan, bola voli, bola basket, atletik, pencak silat, renang, tenis meja, tenis lapangan, angkat besi, bulutangkis, dan gulat.