Kerjasama PPLM Sepakbola dengan PS Bengkulu untuk tampil di Liga 2 Gowes Nusantara dan Gala Desa siap Kick Off 15 Mei 2017 LSP U-14 (Piala Menpora) 2017 siap digelar di 371 Kab/Kot LSP U-14 diikuti total 4.015 SSB (72.720 atlet)

Sambut Haornas 2016, Asyiknya Menpora Bersama Keluarga Hadiri Gowes Kemenpora Bareng Neurobion

  • Khairu Aqsara
  • Rabu, 21 Desember 2016

Jakarta: Kemenpora kembali menggelar acara bersepeda santai dengan hadiah utama sebuah mobil Daihatsu Ayla. Menpora Imam Nahrawi didampingi istrinya Shobibah Rohmah bersama Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta bergabung meramaikan acara yang bertajuk Gowes Kemenpora Bareng Neurobion di Halaman Utama Kantor Menpora, Senayan, Jakarta, Minggu (28/8) pagi. 

 

Gowes menurut Menpora pasti menyehatkan, menyegarkan serta membentuk komunitas-komunitas yang kuat sehingga kemanusiaan dan spirit menghargai sesama akan semakin kuat. "Tahun depan kegiatan seperti ini harus diperbanyak, saya ingin gowes ini diselenggarakan dari Sabang hingga Merauke hingga dapat mempengaruhi dari kebiasaan kita memakai mobil ke kantor menjadi bersepeda hal ini karena ketidakseimbangnya pertambahan mobil dengan jalan yang ada di kota-kota besar, maka bersepeda menjadi solusi masa depan, termasuk saya untuk memulai bersepeda dari rumah ke kantor," ajak Menpora.

 

"Terimakasih kepada bapak-ibu semua sekalian yang telah memberikan contoh sehat, ketekunan bersepeda dan terimakasih karena telah menggaungkan bersepeda di bumi Indonesia," tambahnya. 

 

Dalam kesempatan ini pula diberitakan bahwa atlet BMX Nasional Muhammad Taufan Munggaran meninggal saat mengikuti Kompetisi BMX 2015 di Bandung. Taufan Lahir di Bandung, 3 Juni 1998. Pihak keluarganya telah memberikan peralatan terakhir yang digunakan Taufan seperti sepeda BMX, helm, sepatu, celana & baju serta medali kepada pihak Kemenpora untuk di simpan di Museum Olahraga Kemenpora Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

 

Menurut Menpora, kementerian yang dipimpinnya memiliki museum olahraga di TMII. "Sekarang kita tambah satu koleksi dari Alm. Taufan kita akan tempatkan di TMII dan juga juara-juara nasional lainnya sebagai motivasi bagi generasi penerus lainnya, terimakasih Taufan dan keluarga juga bikers Indonesia," kata Menpora usai memimpin doa untuk Alm.Taufan.

 

"Taufan memulai kejuaraan sepeda BMX pada tahun 2011, beberapa prestasinya yakni Juara II BMX Nasional Herois 2012, High Slide Jump Scoot BMX 2011, Juara I Wim Cycle BMX Local Herois 2012, Juara II Street Category, Juara II BMX Competition Ramadhan 2012, Juara I Tasikmalaya Open 2014, Indonesia Open X Sport Champions Oktober 2015 di Bandung," ujar Asdep Hamka Hendra Noer menambahkan.

 

Sebelumnya, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta didampingi Sekretaris Deputi Bambang Laksono secara resmi membuka, melepas dan ikut bersepeda santai Gowes Kemenpora Bareng Neurobion ini menyampaikan gowes ini dalam rangka menyambut Hari Olahraga Nasional (Haornas) September 2016 mendatang di Sidoarjo, Jawa Timur.

 

Kegiatan ini diikuti ribuan peserta dengan menempuh rute start dari Kantor Kemenpora Senayan, Jalan Gatot Subroto, Bunderan Hotel Indonesia, Bundaran Senayan dan finish di halaman Kantor Menpora. Selain Gowes yang di hadiri Istri Menpora Shobibah Rohmah, acara ini juga dimeriahkan dengan beberapa jenis lomba seperti BMX Freestyle, Senam Orhiba, Bazaar Kuliner, Bazaar Produk, Lomba Masak, Games dan Musik.

 

"Jelas ini adalah even pra dan sosialisasi Haornas, akan ada banyak lagi even yang akan di gelar dan klimaknya pada 9 September, intinya dari semua even olahraga ini adalah menggerakkan masyarakat untuk Ayo Olahraga di semua lini masyarakat tidak kenal usia, jenis kelamin, suku, ras dan lain sebagainya," kata Raden Isnanta.

 

Menurutnya, selain menawarkan olahraga bersepeda ada juga jalan sehat, senam, extrim sport dan lain sebagainya untuk masyarakat, ada juga di level mahasiswa telah dilaksanakan yang mampu memecahkan rekor MURI yakni diikuti 8.000 mahasiswa di Universitas Negeri Surakarta (UNS). "Kita pancing juga mahasiswa untuk bergerak dan berolahraga selain mahasiswa juga di lini lembaga pemasyarakat (LP) seluruh Indonesia bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri menggerakan olahraga tradisional seperti terompah panjang memecahkan Rekor Muri di LP Cipinang dan masih banyak lagi," ujarnya.

 

Selain berhadiah utama mobil acara ini juga menawarkan hadiah menarik lainnya seperti sepeda, sepeda motor, kulkas, mesin cuci, kompor gas, TV, kipas angin, magicjar, setrika dan lainnya. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Kemenpora dengan beberapa sponsor seperti Daihatsu, Polygon, TVS, Tupperware, Mixagrip, Indomart, Quantum, My Tea, Fiesta, Sharon.

 

Hadir dalam kesempatan ini Asdep Pengelola Olahraga Rekreasi Hamka Hendra Noer, Asdep Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus Bayu Rahadian, Asdep Pengelola Pembinaan Sentra dan Olahraga Khusus Olahhraga Teguh Raharjo, Asdep Kemitraan dan Penghargaan Olahraga Dwijayanto Sarosa Putera, Staf Khusus Olahraga M. Khusen, Staf Ahli Jonni Mardizal, Kabiro Humas dan Hukum Amar Ahmad. (ben)