AYO OLAHRAGA! DIMANA SAJA, KAPAN SAJA, BERSAMA SIAPA SAJA. LAYANAN ADUAN DEPUTI 3 (http://deputi3.kemenpora.go.id/statik/dialog)

Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Ragunan Sebagai Arena Pencetak Atlet Berprestasi

  • Rabu, 07 Agustus 2019

Thailand: Khon Kaen Games Thailand 2019 hampir berakhir. Pertandingan olahraga antar siswa-siswi sekolah keolahragaan tingkat Asean itu memberi kesempatan luas bagi atlet Indonesia untuk uji kemampuan dan berprestasi.

 

Dilaksanakan di Thailand pada 29 Juli hingga 9 Agustus 2019, pada 22nd Thailand Sports School Games ini Indonesia sudah mendulang 42 medali yaitu 17 emas, 12 perak, dan 13 perunggu. Adapun 7 cabang olahraga yang diikuti adalah renang, panahan, atletik, gulat, pencak silat, voli, dan sepak bola. 

 

Tak hanya memperoleh medali, atlet Indonesia juga berhasil memecahkan rekor baru yaitu 3 rekor baru pada cabor renang dan 1 rekor baru pada cabor atletik.

 

Kompetisi serupa harus lebih sering diikuti oleh siswa-siswi sekolah khusus olahraga di Indonesia. Hanya melalui kompetisilah bakat serta mental sebagai pemenang bisa dibentuk. Menjadi atlet bukanlah pilihan yang mudah, untuk itu harus didukung penuh oleh pemerintah agar pilihan tersebut menjadi tidak terlalu sulit.

 

Sekolah di SKO memberi pengalaman yang berbeda pada setiap siswanya. Untuk masuk SKO harus melalui tes psikologi, fisik, keterampilan, serta kesehatan terlebih dahulu. Nanti setelah diterima menjadi siswa, calon atlet ini harus tinggal di asrama dan berlatih setiap hari sesuai jurusan yang dipilih. Belum lagi juga harus belajar mata pelajaran umum di kelas seperti matematika, bahasa inggris, kimia, dan lain-lain.

 

Sebut saja Bambang Pamungkas hingga Egy Maulana Vikri dan nama nama besar lainnya adalah atlet berprestasi yang menjadi jebolan SKO. Bagi orangtua, jangan takut untuk menyerahkan anaknya yang berbakat di dunia olahraga untuk sekolah di SKO dan mengembangkan bakat agar dapat menjadi atlet berprestasi. Karena saat ini masa depan atlet Indonesia, terutama yang berprestasi, sudah lebih diperhatikan oleh pemerintah.

Download File Pendukung