Peringati Hari Kartini, Kemenpora Gelar Webinar Bertajuk “Jejak Langkah Srikandi Olahraga Indonesia”





Sosok Kartini menjadi salah satu orang yang berjasa dalam meraih emansipasi wanita di Indonesia. Oleh karena itu, tanggal 21 April yang juga merupakan hari lahir perempuan asal Jepara, Jawa Tengah, diperingati setiap tahunnya sebagai Hari Kartini untuk mengenang jasa-jasanya dalam memperjuangkan hak-hak kaum perempuan.

Memperingati hari Kartini, Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui Museum Olahraga Nasional menggelar acara seminar “Jejak Langkah Srikandi Olahraga Indonesia” secara daring. Dibuka oleh Sekretaris Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, Suryati, acara tersebut dimeriahkan oleh para narasumber hebat seperti Legenda Atlet Menembak Wanita Lely Sampurno, Atlet Panjat Tebing wanita peraih mendali emas Asian Games 2018 Aries Susanti serta Debi Ariesta peraih mendali emas Asian Paragames 2018 cabang Catur.

Een Ernawati selaku Kepala Museum Olahraga Nasional serta penggagas acara menjelaskan bahwa tujuan diadakannya acara ini selain turut serta meperingati hari Kartini, juga untuk menambah wawasan  generasi muda  agar mengenal para atlet berprestasi Indonesia, terutama atlet perempuan sehingga generasi muda termotivasi untuk terus berprestasi. Acara ini juga sebagai ajang sosialisasi keberadaan Museum Olahraga Nasional kepada masyarakat sehingga lebih banyak lagi yang tertarik untuk berkunjung.

Dihadiri secara daring oleh lebih dari 450 Pelajar, Mahasiswa, Guru, Atlet, Pengurus Museum hingga Aparatur Sipil Negara, Suryati berharap acara ini dapat memberikan inspirasi bagi masyarakat luas, “Harapannya masyarakat khususnya generasi muda akan terinspirasi dari para atlet legendaris perempuan Indonesia sehingga mereka akan mengikuti jejaknya,” ucapnya. (as)



×