Hadiri Rapat Koordinasi dengan Inspektorat, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Terus Maju Wujudkan Zona Integritas





Jakarta (02/07).Upaya menciptakan zona integritas pada Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga terus dilakukan. Salah satunya adalah melakukan koordinasi dengan jajaran inspektorat Kemenpora yang  merupakan penganggung jawab proses pembangunan ZI pada Jumat (02/07)  secara daring.

Zona Integritas (ZI) merupakan sebutan atau predikat yang diberikan kepada K/L dan Pemda yang pimpinan dan jajarannya mempunyai niat (komitmen) untuk Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)/ Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) melalui upaya pencegahan korupsi, reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Proses pembangunan zona integritas dilakukan secara berkesinambungan. Proses ini didukung oleh semua jajaran dan digerakkan oleh tim pembangun zona integritas. Selanjutnya, untuk mengevaluasi sudah sejauh mana proses pembangunan ZI, dilakukan penilaian. Penilaian ZI meliputi  6 area perubahan sebagai komponen pengungkit yaitu 1. manajemen perubahan; 2. penataan tatalaksana; 3. penataan sistem manajemen sdm; 5. penguatan pengawasan; 6. peningkatan kualitas pelayanan publik dan juga survey kepuasan layanan dan bebas korupsi sebagai komponen hasil.

Pada rapat kali ini hadir dari inspektorat Okky Maulana Hubriansyah sebagai koordinator dan tim, Sesdep Pembudayaan Olahraga, Asdep Pengelolaan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus (POTLAK), serta perwakilan Asdep Pengelolaan Olahraga Pendidikan (Ordik).  

Dalam  akhir paparannya, Okky menyampaikan progres hasil penilaian.

“Perkembangan penilaian hingga hari ini, dari 3 unit yang diajukan, unit yang secara skor memenuhi WBK yaitu Asdep POTLAK.  Asdep Ordik juga memenuhi dengan adanya update penambahan evidence” paparnya.

Menanggapi hasil penilaian ZI yang telah dilakukan, Sekretaris Deputi Bidang Pembudayaan Pemuda, Suryati berpesan agar proses pembangunan ZI di tiap unit keasdepan dilakukan berkesinambungan.

“Saya mengapresiasi dukungan dari inspektorat yang telah mendampingi proses pembangunan ZI di Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga. Pembangunan Zona Integritas harus terus dilakukan dan butuh komitmen kita bersama” ujarnya. (TB)



×