Bahas SMAKOR dan PPLP, Dispora Aceh Kunjungi Kantor Kemenpora





Jakarta (25 Februari 2021): Kementerian Pemuda dan Olahraga menerima kunjungan dari perwakilan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Aceh pada (25/2) di ruang kerja Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta. 

Pertemuan yang berlangsung lebih kurang satu jam tersebut membahas tentang SMAKOR (Sekolah Menengah Atas Keberbakatan Olahraga) dan PPLP (Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar) yang ada di Provinsi Aceh. 

Menurut Darmansyah, Mantan Kadispora Aceh, yang turut hadir pada pertemuan tersebut saat ini Dispora Aceh melalui program pembinaan PPLP tengah melakukan pembinaan terhadap 7 cabang olahraga yaitu atletik, angkat besi, anggar, dayung, panahan, karate, dan pencak silat dengan jumlah atlet binaan sebanyak 35 orang serta pelatih/asisten pelatih sebanyak 10 orang.

Sementara SMAKOR dalam pelaksanaannya bekerja sama dengan Dinas Pendidikan setempat, terutama untuk urusan belajar mengajar di kelas. Dalam waktu dekat akan dilakukan seleksi atlet SMAKOR Aceh, tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 yang ketat. 

Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta meminta agar Dispora Aceh dapat belajar dari pengalaman daerah lain. "SMAKOR Aceh bisa nanti menjadi percontohan untuk provinsi lain. Seleksi atlet harus dibawah campur tangan Dispora untuk mendapatkan bibit yang baik. Kita sudah memiliki banyak SMAKOR, namun kita belum bisa menikmati lahirnya bibit unggul seperti yang kita inginkan. Ini yang harus dievaluasi bersama.", ucap Isnanta.

"Perencanaan, proses latihan, dan penganggaran pertandingan harus seimbang dan bagus", tambahnya. 

Banyak hal yang dibahas pada pertemuan tersebut termasuk menyampaikan kendala yang dihadapi selama menjalankan pembinaan. Dan tentunya kendala yang sama juga dialami oleh SKO atau PPLP yang ada di tempat lainnya di Indonesia. Melalui diskusi yang mengalir ini akhirnya juga didapatkan solusi dan terkumpul lagi semangat untuk meneruskan pembinaan atlet pelajar di daerah dalam meningkatkan prestasi olahraga di tingkat daerah dan nasional.
 



×