Terbaru

news
Berita Selasa, 21 Des 2021

Indonesia Memanah ke-7 Kembali Diselenggarakan di Museum Olahraga Nasional

Jakarta: Indonesia Archery Schools Program (INASP) kembali melaksanakan kegiatan tahunan bertajuk Indonesia Memanah pada 17 s.d. 19 Desember 2021 di Museum Olahraga Nasional. Indonesia Memanah ke-7 ini merupakan kegiatan kejuaraan panahan yang dimaksudkan sebagai sarana uji coba para pemanah dari seluruh Indonesia untuk menunjukan kebolehannya, dalam rangka memassalkan olahraga panahan. Kali ini, sekitar 300-400 pemanah muda setiap harinya datang membanjiri Museum Olahraga Nasional. Sebelumnya, Museum Olahraga Nasional pernah menjadi tuan rumah Indonesia Memanah ke-2 dan ke-3.

news
Berita Jumat, 17 Des 2021

Kunjungi Museum Olahraga Nasional, Peserta Pendidikan Kader Pemimpin Muda Nasional (PKPMN) Kemenpora Belajar Arti Perjuangan dari Para Atlet dalam Meraih Tujuan

Jakarta: Museum Olahraga Nasional mendapat kunjungan dari Peserta Pendidikan Kader Pemimpin Muda Nasional (PKPMN) pada Kamis, 16 Desember 2021. Peserta PKPMN terdiri dari 50 pemuda-pemudi yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia yang sedang mengikuti pelatihan kepemudaan yang diselenggarakan oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI.

news
Berita Kamis, 16 Des 2021

Ajak Masyarakat terus Bergerak di Masa Pandemi, PMKI Gelar ToT Gerak Sehat Bugar (GSB)

Jakarta: Perhimpunan Masyarakat Kebugaran Indonesia (PMKI) melaksanakan Training of Trainer (ToT) Gerak Sehat Bugar (GSB) pada Kamis, 16 Desember 2021 di GOR Ciracas, Jakarta Timur. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut sosialisasi GSB yang telah dilaksanakan sebelumnya pada 7 Desember 2021.

news
Berita Rabu, 15 Des 2021

Pertama di Dunia, SDI (Sport Development Index) Indonesia Memiliki 9 Dimensi

Jakarta: Sport Development Indeks (SDI) adalah metode pengukuran keberhasilan pembangunan olahraga di Indonesia. Tahun 2003-2007, Kemenpora pernah mengimplementasikan SDI dengan 4 dimensi, yaitu ketersediaan SDM olahraga, ruang terbuka, partisipasi, dan kebugaran jasmani. Dan tahun 2021 ini dimensi tersebut disempurnakan menjadi 9 dengan menambahkan literasi fisik, kesehatan, perkembangan personal, performa, dan ekonomi.

news
Berita Selasa, 07 Des 2021

Mengenal Arif Mursodo, Senior Pilot Paralayang Indonesia.

Sportourism di Indonesia makin hari makin berkembang. Meski sempat tersendat pergerakannya selama Pandemi Covid-19, namun semangat atlet paralayang Indonesia patut diacungi jempol. Siapa sih yang sanggup menahan untuk tidak melihat indahnya alam Indonesia dari ketinggian dalam waktu lama, seperti pengalaman para pilot olahraga paralayang? Bagi mereka, terbang sudah menjadi candu yang mampu melepas penat dan menciptakan rasa bangga akan indahnya ciptaan tuhan. 

news
Berita Kamis, 02 Des 2021

Berkunjung ke Kemenpora, DPRD Sulawesi Utara Sampaikan Keinginan Menjadi Tuan Rumah PON

Jakarta: Kementerian Pemuda dan Olahraga menerima kunjungan perwakilan DPRD Sulawesi Utara pada Kamis, 2 Desember 2021. Perwakilan DPRD Sulut diterima oleh Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga di ruang kerjanya. Kunjungan ini dalam rangka menelusuri informasi bantuan pemerintah pusat untuk pemerintah daerah di bidang olahraga. 

news
Berita Rabu, 01 Des 2021

Kemenpora Siapkan Petunjuk Teknis Implementasi Inpres Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional bagi Kementerian/Lembaga

Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional tidak akan terwujud jika tidak ada Kerjasama yang baik antar instansi pemerintahan terkait, baik di tingkat nasional maupun di daerah. Demi menjalankan Instruksi Presiden No 3 tahun 2019 tentang Pembangunan Percepatan Sepak Bola Nasional, Kementerian Pemuda dan Olahraga menggelar rapat Pembahasan Draft Lanjutan Petunjuk Teknis Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional bagi Kementerian/Lembaga. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Belleza Suite Jakarta pada 30 November – 2 Desember 2021. Rapat dihadiri beberapa Kementerian dan Lembaga terkait yaitu Kemendagri, KemenkoPMK, Kemendikbud, dan PSSI.

news
Berita Minggu, 28 Nov 2021

100 Pelajar Unjuk Gigi di Sport Festival Manggarai Barat

Manggarai Barat (28/11)-Kemenpora menggelar Sports Festival pada 26 - 28 November 2021 di Aula Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kegiatan ini diikuti oleh siswa satuan pendidikan dasar dan menengah Se-Kabupaten Manggarai Barat sebanyak 100 siswa. Cabang olahraga yang dipertandingkan adalah Taekwondo (Poomsae) dan Karate (Kata).

news
Berita Sabtu, 27 Nov 2021

Tersihir Panorama dari Atas Bukit Sembulang Batam bersama Paragliding Trip of Indonesia (TROI) 2021 Seri 3

BATAM: Jumat (26/11). Indonesia terkenal akan keindahan alamnya. Berbagai wilayah dengan kontur alami menjadi obyek wisata dan lokasi menarik untuk olahraga alam. Salah satunya adalah Bukit Sembulang, Kec. Galang, Kota Batam. Di bukit ini Kemenpora menggelar Paragliding Trip of Indonesia (TROI) 2021 Seri 3 pada 26 – 28 November 2021. Kegiatan ini diikuti oleh 150 peserta baik dari perorangan, maupun berbagai komunitas paragliding seluruh Indonesia.

news
Berita Kamis, 25 Nov 2021

Asyik dan Seru, Tur Museum Olahraga Nasional di Malam Hari

Jakarta (24/11). Ada yang berbeda di Tur Museum Olahraga (MORA) Nasional pada Rabu, 24 November 2021. Jika lazimnya dilakukan di siang hari, kali ini Tur dilakukan di malam hari. Selain itu, jika peserta rangkaian tur virtual sebelumnya adalah para siswa SD, kali ini pesertanya adalah mahasiswa STKIP Kusuma Negara.

news
Berita Kamis, 18 Nov 2021

Lebih dari 400 Siswa SD Swasta Yogjakarta Nikmati Virtual Tour Museum Olahraga Nasional

Museum Olahraga Nasional kembali bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kota Yogyakarta menyelenggarakan Virtual Museum Tour MORA pada Kamis, 18 November 2021. Kegiatan ini diikuti oleh 441 peserta dari 13 Sekolah Dasar Swasta di Kota Yogyakarta. Virtual Museum Tour diikuti oleh Kegiatan dilaksanakan melalui zoom meeting dan disiarkan langsung melalui YouTube Museum Olahraga Nasional

news
Berita Senin, 15 Nov 2021

Festival Senam Kreasi Nusantara 2021: Kreasikan Budaya Nusantara Melalui Senam

Kementerian Pemuda dan Olahraga menggelar Festival Senam Kreasi Nusantara tahun 2021 di Hotel Lombok Plaza, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) . Berlangsung selama dua hari pada 15 s.d 16 November 2021, pada hari pertama dimeriahkan dengan lomba kreasi senam yang diikuti sebanyak 113 orang, terbagi dari 19 tim yang berasal dari Kota/Kabupaten di NTB. Pada hari kedua dilanjutkan dengan workshop Gerak Sehat Bugar, dengan peserta sebanyak 273 orang.

news
Berita Sabtu, 13 Nov 2021

Serunya Para Guru Bermain dan Berolahraga di Museum Olahraga Nasional

Jakarta (13/11). Museum Olahraga Nasional menggelar Lomba-lomba Edukasi Tahun 2021 pada 13 November 2021. Bekerja sama dengan Kelompok Kerja Guru Olahraga  (KKGO) DKI Jakarta, acara diikuti oleh para guru olahraga di DKI Jakarta. Total peserta 32 tim dengan masing-masing tim berjumlah 13 anggota.

news
Berita Rabu, 10 Nov 2021

Meski Pandemi, Antusiasme Olahragawan Ekstrem Ikuti Final IOXC ke-XII Cukup Tinggi

Banten (10/10).-Ajang Indonesia Open X-Sports Championship (IOXC) KE-XII Tahun 2021 kembali digelar. Final ajang ini dilaksanakan di BSD Extreme Park pada tanggal 10 – 11 November 2021. IOXC tahun ini mempertandingkan enam cabang olahraga, antara lain Agresive Inline Skate, Skateboard, BMX freestyle, B-Boys battle, Soccer freestyle, serta Parkour.

news
Berita Rabu, 10 Nov 2021

Siasati Kondisi Pandemi, Road to IOXC ke-XII 2021 Digelar Secara Daring

Banten: Gelaran Road to Indonesia Open X-Sports Championship (IOXC) ke-XII 2021 Online Series telah mencapai babak final. Kegiatan yang sudah berlangsung sejak 3 Agustus sampai 26 Oktober tersebut telah sampai pada kualifikasi delapan besar. Dari enam cabang olahraga yang dipertandingkan yaitu Agresive Inline Skate, Skateboard, BMX freestyle, B-Boys battle, Soccer freestyle, serta Parkour. Sekitar 100 orang peserta berhasil lolos ke tahap delapan besar.

news
Artikel Senin, 08 Nov 2021

Bangkitkan Kembali Sport Tourism Belitung dengan Even Olahraga

Pandemi Covid-19 yang melanda bumi pertiwi beberapa waktu ini tentu banyak memberikan dampak negatif di berbagai sektor di daerah, salah satunya pariwisata. Negeri Laskar Pelangi, Pulau Belitung yang terkenal dengan berbagai pantai nan indah pun tak luput dari dampak pandemi. Wilayah ini sempat sepi wisatawan.

news
Berita Jumat, 05 Nov 2021

Terus Tingkatkan Kualitas Layanan, Museum Olahraga Nasional Gelar Peningkatan Kompetensi Pegawai

Bogor: Kementerian Pemuda dan Olahraga menggelar kegiatan peningkatan kompetensi bagi pegawai Museum Olahraga Nasional pada 4 sampai 6 November 2021 di Aston Hotel & Resort Bogor. Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Museum Olahraga Nasional, Een Ermawati.

news
Artikel Senin, 01 Nov 2021

Stadion dan Gelora Bernilai Ratusan Miliar Hingga Trilyunan, Bagaimana Harusnya Mengelola?

Mangkraknya Stadion Palaran Kaltim Beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 25 Oktober 2021 saya melakukan kunjungan ke Kalimantan Timur. Selain berkoordinasi dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Kalimantan Timur saya juga berkesempatan untuk mengunjungi Stadion Palaran, Samarinda.

news
Berita Sabtu, 30 Okt 2021

Karuci Cup I, Ajang Uji Hasil Pembinaan Pevoli Muda Jabodetabek

Jakarta (30/10). Kejuaraan Bola voli antar Club  Remaja  Se -Jabodetabek Kelahiran 2005/ U-15 Th Karuci Cup I digelar di Jakarta Timur pada Sabu-Minggu, 30-31 Oktober 2021. Kejuaraan ini diselenggarakan oleh Klub bola voli Karuci Jakarta Timur bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

news
Berita Kamis, 28 Okt 2021

823 Siswa SD Kota Yogyakarta Ikuti Virtual Museum Tour Museum Olahraga Nasional

Jakarta. Museum Olahraga Nasional bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kota Yogyakarta menyelenggarakan Virtual Museum Tour MORA pada Kamis, 26 Oktober 2021. Dalam rangka program layanan publik Museum Olahraga Nasional di masa pandemi Covid-19, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi peserta didik untuk memberikan nilai edukasi, inspirasi, rekreasi bidang keolahragaan, memberikan informasi untuk melihat secara langsung bukti dari peristiwa sejarah keolahragaan yang tersimpan di dalamnya, serta tentang manfaat keberadaan dan eksistensi Museum Olahraga Nasional, Kementerian Pemuda dan Olahraga.

ARTIKEL

news
Artikel Senin, 18 Des 2023

Pegiat Olahraga yang Deputi

Pegiat Olahraga yang Deputi
news
Artikel Kamis, 24 Agst 2023

Sport Development Index (SDI) dan Pembangunan Olahraga Indonesia

Sobatpora, coba dihitung berapa kali kita berolahraga dalam satu minggu? Satu kali, dua, tiga? Atau malah kita lewatkan satu minggu tanpa olahraga?
news
Artikel Rabu, 09 Agst 2023

Kita Kurang ini, Kurang itu

Saya tak kuasa nahan air mata menghadiri penutupan Pekan Paralimpiade Pelajar Nasional (Peparpenas) X di Palembang beberapa waktu lalu. Para atlet pelajar disabilitas nampak riang, gembira dan bahagia. Terlihat sekali wujud syukur mereka dengan cara paling sederhana. Mengutip kata-Kata Gus Baha "Salah satu wujud syukur adalah tertawa, gembira".
news
Artikel Selasa, 29 Nov 2022

Lebih Pede Lari Tanpa Sepatu, Selvia Wulandari Jadi Juara Pertama Lari 800 Meter Pospenas IX

Solo: Pelari putri dari Kontingen Jawa Timur, Selvia Wulandari berhasil menjadi juara pertama pada gelaran Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (POSPENAS) IX Tahun 2022. Lari merupakan salah satu bidang yang dilombakan pada cabang olahraga atletik dan dilaksanakan di Stadion Sriwedari Surakarta.
news
Artikel Selasa, 02 Agst 2022

Muda Rajin Olahraga, Tua Sehat Tulangnya

Menua dengan sehat, termasuk sehat tulang, tanpa mengalami keropos (osteoporosis) adalah impian banyak orang. Bagaimana cara kita mencegah osteoporosis?
PELAYANAN