Terbaru

news
Artikel Selasa, 29 Nov 2022

Lebih Pede Lari Tanpa Sepatu, Selvia Wulandari Jadi Juara Pertama Lari 800 Meter Pospenas IX

Solo: Pelari putri dari Kontingen Jawa Timur, Selvia Wulandari berhasil menjadi juara pertama pada gelaran Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (POSPENAS) IX Tahun 2022. Lari merupakan salah satu bidang yang dilombakan pada cabang olahraga atletik dan dilaksanakan di Stadion Sriwedari Surakarta.

news
Berita Senin, 28 Nov 2022

Kemenpora Laksanakan Senam Kebugaran Jasmani (SKJ) dan Lomba Dayung Meriahkan Sail Tidore 2022

Kemenpora Laksanakan Senam Kebugaran Jasmani (SKJ) dan Lomba Dayung Meriahkan Sail Tidore 2022

news
Berita Senin, 31 Okt 2022

Tak Hanya Gelar Beach Trail Run, Kemenpora juga Sosialisasikan Gerakan SKJ di Sukabumi

Sukabumi: Senam Kebugaran Jasmani (SKJ) ikut memeriahkan kegiatan Kemenpora Beach Trail Run yang digelar pada 30 Oktober 2022 di Sukabumi, Jawa Barat. SKJ dilakukan bersama-sama oleh seluruh peserta kegiatan dan tentunya diikuti juga oleh para pelajar dari Sukabumi.

news
Berita Kamis, 20 Okt 2022

Museum Olahraga Nasional mengikuti Pameran Bersama Cross Musea Bangkit Pemuda di Surabaya

Surabaya: Museum Olahraga Nasional menjadi peserta Pameran Bersama Cross Musea Bangkit Pemuda bertajuk “Kebangkitan Pemuda Melalui Ragam Koleksi Museum” pada 19 s.d. 21 Oktober 2022 di Museum Dr. Soetomo, Surabaya. Pameran ini diadakan oleh Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata UPTD Pengelolaan Museum dan Gedung Seni Budaya Pemerintah Kota Surabaya. Peserta pameran kali ini adalah Museum Olahraga Nasional dari Jakarta, Museum Sumpah Pemuda dari Jakarta, Museum Anatomi Tubuh dari Batu, dan Museum Pos Indonesia dari Bandung.

news
Berita Selasa, 30 Agst 2022

Red Bull Basketball Championships 2022 sebagai Upaya Ajak Pelajar Berolahraga

Grand Final Red Bull Basketball Championships (RBBC) 2022 akan dilaksanakan di GOR Bulungan, Jakarta Selatan pada 10-11 September 2022. RBBC yang memperebutkan Piala Bergilir Kemenpora RI telah melewati pertandingan series di 6 kota besar yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Medan dan Pekanbaru. Pemenang dari setiap kota ini-lah yang nantinya akan bertanding di Jakarta.

news
Berita Minggu, 28 Agst 2022

Festival Olahraga Tradisional Tingkat Nasional Tahun 2022 di Kota Solo, dari Tradisi Menuju Prestasi

Solo: Festival Olahraga Tradisional Tingkat Nasional Tahun 2022 ke-XII kembali digelar di Kota Solo, Jawa Tengah pada 26-29 Agustus 2022. Kemeriahan pembukaan Festival Olahraga Tradisional Tingkat Nasional ke-XII pada 27 Agustus 2022 di Stadion Manahan Kota Solo diawali dengan defile peserta menggunakan baju khas daerah masing-masing.

news
Berita Senin, 15 Agst 2022

Peringati ASEAN Sports Day, Pemerintah Gelar Prambanan Fun Cycling

Yogyakarta: Hari lahir ASEAN yaitu tanggal 8 Agustus disepakati menjadi ASEAN Sports Day pada gelaran The SOMS-6. Mendekati tanggal tersebut, negara-negara ASEAN sepakat mengajak masyarakat di negara masing-masing untuk meningkatkan minat berolahraga dan bergaya hidup sehat dengan pelaksanaan event olahraga. Menuju Hari Olahraga Nasional yang juga diperingati setiap tanggal 9 September, Indonesia sebagai bagian dari ASEAN melaksanakan Prambanan Fun Cycling.

news
Berita Jumat, 05 Agst 2022

Sebulan jelang Haornas, Poco-poco Goyang Kemenpora di Jumat Krida

Sebulan jelang Haornas, Poco-poco Goyang Kemenpora di Jumat Krida

news
Artikel Selasa, 02 Agst 2022

Muda Rajin Olahraga, Tua Sehat Tulangnya

Menua dengan sehat, termasuk sehat tulang, tanpa mengalami keropos (osteoporosis) adalah impian banyak orang. Bagaimana cara kita mencegah osteoporosis?

news
Berita Jumat, 15 Jul 2022

Badminton Fun Match Kolaborasi Kemenpora, Motion Radio, dan Astec Indonesia untuk Ajak Masyarakat Gemar Berolahraga

Jakarta: Kementerian Pemuda dan Olahraga berkolaborasi dengan Motion Radio (Kompas Gramedia Group) dan Astec Indonesia menggelar lomba bulutangkis bertajuk Badminton Fun Match pada Jumat Krida Kemenpora 15 Juli 2022 di lapangan badminton kantor Kemenpora, Senayan Jakarta. Sebanyak lebih kurang 20 orang pegawai Kemenpora mengikuti perlombaan tersebut, yang akhirnya dimenangkan oleh pasangan Ahmad Zaini dan Yuslan Kisra.

news
Berita Kamis, 14 Jul 2022

Atlet SKODI (SKO Disabilitas) Menuju Asean Para Games 2022

Solo: Kementerian Pemuda dan Olahraga terus konsisten melakukan pembinaan atlet usia dini. Menuju Asean Para Games (APG) pada 30 Juli s.d. 6 Agustus terdapat sebanyak 13 atlet Sekolah Khusus Olahraga Disabilitas (SKODI) yang mengikuti pelatnas.

news
Berita Selasa, 28 Jun 2022

Mengenal Antropometri dan Itemnya dalam Pengukuran Potensi Fisik Peserta Didik yang Berbakat Menjadi Atlet

Antropometri adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang dimensi tubuh manusia. Antropometri berasal dari ‘antro’ yang berarti manusia dan ‘metri’ yang mempunyai arti pengukuran. Oleh sebab itu, ilmu antropometri digunakan sebagai bidang yang akan membahas perihal pengukuran manusia secara fisik. Selanjutnya, untuk kehidupan sehari-hari, antropometri akan memberikan data fisik manusia secara lengkap dan hal itu dapat digunakan sebagai persyaratan untuk berbagai macam keperluan, termasuk bagi tim pemandu bakat untuk mencari atlet yang dibutuhkan sesuai dengan cabang olahraga.

news
Berita Selasa, 28 Jun 2022

Galakkan Digitalisasi Arsip, Kemenpora Gelar Bimbingan Teknis Srikandi

Kementerian Pemuda dan Olahraga selalu berusaha untuk berkembang mengikuti kemajuan zaman. Menuju Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), salah satunya melalui digitalisasi arsip, Kemenpora mengembangkan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi atau SRIKANDI. Guna mempercepat penerapan SRIKANDI pada Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga (Deputi 3), maka pada Selasa, 28 Juni 2022 digelar Bimbingan Teknis yang diikuti oleh perwakilan seluruh keasdepan pada Deputi 3 di Ruang Rapat Besar Lantai 3 Gedung PPITKON.

news
Berita Selasa, 28 Jun 2022

Kemenpora Siapkan Sistem Identifikasi Pencarian Bakat Atlet dari Peserta Didik Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah, Butuh Peran Besar Guru Pendidikan Jasmani

Palembang: Implementasi Desain Besar Keolahragaan Nasional (DBON) merupakan kerja besar yang memerlukan dukungan sistem secara komprehensif, dari hulu pembinaan hingga ke hilir pencapaian prestasi. Hulu pembinaan merupakan titik awal upaya untuk menemukan bakat-bakat olahraga di antara belantara jutaan anak-anak Indonesia usia belia, yang duduk di bangku sekolah dasar atau maksimal duduk di bangku sekolah menengah pertama. Data di DAPODIK Kemendikbudristek per Maret 2022 menginformasikan bahwa saat ini jumlah peserta didik sekolah dasar di seluruh Indonesia berjumlah 24.052.786 orang, sementara peserta didik sekolah menengah pertama berjumlah 9.929.870 orang.

news
Berita Jumat, 24 Jun 2022

Jelang Satu Minggu Menuju Fornas VI, Kemenpora Gelar Rapat Kerja Persiapan

Jakarta (24/6): Kementerian Pemuda dan Olahraga menggelar Rapat Kerja persiapan penyelenggaraan Festival Olahraga Masyarakat Nasional (Fornas) VI 2021 Sumatera Selatan 2022, yang dilangsungkan di Hotel Belleza, Jakarta pada Jumat, 24 Juni 2022.

news
Berita Jumat, 24 Jun 2022

Optimisme, Semangat dan Kanalisasi Potensi melalui Festival Olahraga Disabilitas

Padang (23/6) Kemenpora menggelar Festival Olahraga Disabilitas pada Kamis, 23 Juni 2022 di Gelanggang Olahraga Stadion Haji Agus Salim, Kota Padang, Sumatera Barat.

news
Berita Selasa, 21 Jun 2022

Kembangkan Terus Sport Development Index, Kemenpora Adakan Bimtek SDI Wilayah Sumatera

Kementerian Pemuda dan Olahraga telah mengembangkan pengukuran Indeks Pembangunan Olahraga (Sport Development Index/SDI) yang diharapkan dapat memberikan data dan informasi tentang kontribusi olahraga bagi pembangunan.

news
Berita Kamis, 16 Jun 2022

Jaga Eksistensi: Museum Olahraga Nasional Gelar Pameran Olahraga

Museum Olahraga (MORA) Nasional menggelar pameran tunggal di Student Center, Universitas Kuningan, Jawa Barat pada 16-17 Juni 2022. Pameran diramaikan dengan gelaran koleksi MORA, temu fans olahragawan berprestasi, ekshibisi olahraga dan permainan, ekshibisi panahan, senam bersama dan pemutaran film olahraga.

news
Berita Rabu, 15 Jun 2022

Serah Terima Jabatan: Apa yang Ada di Depan Mata, Itu yang Kita Kerjakan!

Jakarta: Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga (Deputi 3) Kemenpora melaksanakan kegiatan Serah Terima Jabatan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator, dan Pengawas pasca pelantikan pada Rabu, 17 Juni 2022. Sebanyak 25 orang pegawai mengikuti kegiatan ini, diantaranya ada yang rotasi dan juga promosi baik di lingkungan Deputi 3 maupun ke unit kerja lainnya.

news
Berita Selasa, 14 Jun 2022

Kemenpora Gelar Penyusunan Pedoman Teknis Pembinaan dan Pengembangan Olahraga Masyarakat

Tangerang (14/06). Kemenpora menggelar penyusunan pedoman teknis pembinaan dan pengembangan olahraga masyarakat pada tanggal 13 sd 14 Juni 2022 hotel Golden Tulip Tangerang. Kegiatan ini menghadirkan para pakar olahraga, akademisi, dan perwakilan induk organisasi masyarakat.

ARTIKEL

news
Artikel Senin, 18 Des 2023

Pegiat Olahraga yang Deputi

Pegiat Olahraga yang Deputi
news
Artikel Kamis, 24 Agst 2023

Sport Development Index (SDI) dan Pembangunan Olahraga Indonesia

Sobatpora, coba dihitung berapa kali kita berolahraga dalam satu minggu? Satu kali, dua, tiga? Atau malah kita lewatkan satu minggu tanpa olahraga?
news
Artikel Rabu, 09 Agst 2023

Kita Kurang ini, Kurang itu

Saya tak kuasa nahan air mata menghadiri penutupan Pekan Paralimpiade Pelajar Nasional (Peparpenas) X di Palembang beberapa waktu lalu. Para atlet pelajar disabilitas nampak riang, gembira dan bahagia. Terlihat sekali wujud syukur mereka dengan cara paling sederhana. Mengutip kata-Kata Gus Baha "Salah satu wujud syukur adalah tertawa, gembira".
news
Artikel Selasa, 29 Nov 2022

Lebih Pede Lari Tanpa Sepatu, Selvia Wulandari Jadi Juara Pertama Lari 800 Meter Pospenas IX

Solo: Pelari putri dari Kontingen Jawa Timur, Selvia Wulandari berhasil menjadi juara pertama pada gelaran Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (POSPENAS) IX Tahun 2022. Lari merupakan salah satu bidang yang dilombakan pada cabang olahraga atletik dan dilaksanakan di Stadion Sriwedari Surakarta.
news
Artikel Selasa, 02 Agst 2022

Muda Rajin Olahraga, Tua Sehat Tulangnya

Menua dengan sehat, termasuk sehat tulang, tanpa mengalami keropos (osteoporosis) adalah impian banyak orang. Bagaimana cara kita mencegah osteoporosis?
PELAYANAN