MAKLUMAT PELAYANAN MAKLUMAT PELAYANAN
Ayo Olahraga Ayo Olahraga

Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS): Garda Terdepan Wujudkan Pelajar Bugar, Sehat dan Berprestasi

Aktivitas olahraga bagi pelajar merupakan salah satu instrumen penting dalam menjaga kesehatan dan kebugaran. Selain itu, olahraga juga berperan dalam pembentukan karakter disiplin, jujur, tangguh dan kompetitif.

Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS): Garda Terdepan Wujudkan Pelajar Bugar, Sehat dan Berprestasi Para anggota Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS) mengikuti upacara pengukuhan yang dipimpin oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, pada Kamis (10/3), di Wisma Kemenpora, Jakarta.

Aktivitas olahraga bagi pelajar merupakan salah satu instrumen penting dalam menjaga kesehatan dan kebugaran. Selain itu, olahraga juga berperan dalam pembentukan karakter disiplin, jujur, tangguh dan kompetitif.

Guru olahraga memiliki peran penting dalam memotivasi para pelajar untuk gemar, berolahraga. Bahkan bisa memberikan dorongan agar siswa-siswa dengan talenta olahraga dapat memilih olahraga sebagai salah satu jalurrestasi masa depannya.

Sebagai upaya memberdayakan guru olahraga di Indonesia, dibentuk Ikatan Guru Olahraga  Nasional (IGORNAS) pada tahun 2021. Keberadaan organisasi ini dikukuhkan oleh Menpora pada  Kamis, 10 Maret 2022, di Wisma Kemenpora Jakarta.

Mengusung jargon Solid, Dahsyat, Luar Biasa, organisasi ini telah memilki wakil di 34 provinsi dengan jumlah seluruh anggota mencapai 600-700 ribu orang. Sekretariat organisasi ini berada di Bandung, Jawa Barat.

Ketua IGORNAS, Dikdik Setia Munardi menjelaskan visi yang diusung IGORNAS. “IGORNAS ini bervisi memberdayakan guru olahraga unggul, dan pembinaan olahraga prestasi yang berbasis sains”, ujar  Dikdik.

Dikdik juga yakin bahwa  ke depannya, IGORNAS mampu berkontribusi dalam implementasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). IGORNAS berperan dalam membangun lifestyle  olahraga, dan kebugaran pelajar serta menemukan bibit unggul. Ia menjelaskan, dalam prakteknya, guru olahraga tidak hanya berperan di hulu, akan tetapi juga di hilir sebagai atlet, juri, wasit, pelatih dan pengurus organisasi terutama di daerah-daerah.

Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta yang ikut menghadiri pengukuhan IGORNAS berharap  organisasi ini dapat mengajak pelajar berolahraga agar sehat dan bugar. Selain itu, juga diharapkan mampu menemukenali pelajar yang memiliki talenta olahraga.  

“Saya berharap IGORNAS dapat menjadi tumpuan, garda terdepan dan ujung tombak dalam mengajak pelajar menjadi pelajar bugar.  Selain itu IGORNAS juga harus mampu mendapatkan siswa dengan talenta unggul yang bisa berprestasi nasional, bahkan internasional” ujar Isnanta.

BAGIKAN :
PELAYANAN