MAKLUMAT PELAYANAN MAKLUMAT PELAYANAN
Ayo Olahraga Ayo Olahraga

Kembangkan Terus Sport Development Index, Kemenpora Adakan Bimtek SDI Wilayah Sumatera

Kementerian Pemuda dan Olahraga telah mengembangkan pengukuran Indeks Pembangunan Olahraga (Sport Development Index/SDI) yang diharapkan dapat memberikan data dan informasi tentang kontribusi olahraga bagi pembangunan.

Kembangkan Terus Sport Development Index, Kemenpora Adakan Bimtek SDI Wilayah Sumatera Para peserta kegiatan Bimbingan Teknis Sport Development Index sedang mengikuti mater yang diberikan. .

 

Jakarta: Kementerian Pemuda dan Olahraga telah mengembangkan pengukuran Indeks Pembangunan Olahraga (Sport Development Index/SDI) yang diharapkan dapat memberikan data dan informasi tentang kontribusi olahraga bagi pembangunan. Dalam rangka pengukuran SDI, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang tata cara pengambilan dan penginputan data SDI untuk Dinas Pemuda dan Olahraga/Organisasi Perangkat Daerah yang Menangani Urusan Olahraga di wilayah kabupaten/kota Sumatera di The Bellezza Hotel Permata Hijau Jakarta Selatan pada 20 s.d. 22 Juni 2022.

Pada kegiatan ini peserta mendapatkan materi tentang SDI, yaitu kebijakan pembangunan olahraga SDI dan intervensi program, sistem informasi SDI (SISDI), dan praktik pengisian angket dan MFT (Multistage Fitness Test) melalui website sdi.kemenpora.go.id. Peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan.

"Nanti teman teman harus bisa menggunakan aplikasi pengisian data SDI dan juga MFT. Mohon ikuti kegiatan ini sungguh-sungguh untuk meminimalisir kesalahan hasil ukur SDI", ucap Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta saat pembukaan kegiatan.

Kegiatan mengundang 46 perwakilan kabupaten/kota wilayah Pulau Sumatera. Sport Development Index (SDI) adalah indeks gabungan yang mencerminkan keberhasilan pembangunan olahraga berdasarkan 9 dimensi dasar, yaitu sumber daya manusia olahraga, ruang terbuka, literasi fisik, partisipasi, kebugaran, perkembangan personal, kesehatan, ekonomi, dan performa. SDI merupakan strategi yang esensial dan efektif untuk mengukur dan mengevaluasi keberhasilan pembangunan keolahragaan nasional dalam rangka mewujudkan kesejahteraan paripurna bagi masyarakat Indonesia.

BAGIKAN :
PELAYANAN