MAKLUMAT PELAYANAN MAKLUMAT PELAYANAN
Ayo Olahraga Ayo Olahraga

Terbaru

news
Berita Selasa, 07 Des 2021

Mengenal Arif Mursodo, Senior Pilot Paralayang Indonesia.

Sportourism di Indonesia makin hari makin berkembang. Meski sempat tersendat pergerakannya selama Pandemi Covid-19, namun semangat atlet paralayang Indonesia patut diacungi jempol. Siapa sih yang sanggup menahan untuk tidak melihat indahnya alam Indonesia dari ketinggian dalam waktu lama, seperti pengalaman para pilot olahraga paralayang? Bagi mereka, terbang sudah menjadi candu yang mampu melepas penat dan menciptakan rasa bangga akan indahnya ciptaan tuhan. 

news
Berita Kamis, 02 Des 2021

Berkunjung ke Kemenpora, DPRD Sulawesi Utara Sampaikan Keinginan Menjadi Tuan Rumah PON

Jakarta: Kementerian Pemuda dan Olahraga menerima kunjungan perwakilan DPRD Sulawesi Utara pada Kamis, 2 Desember 2021. Perwakilan DPRD Sulut diterima oleh Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga di ruang kerjanya. Kunjungan ini dalam rangka menelusuri informasi bantuan pemerintah pusat untuk pemerintah daerah di bidang olahraga. 

news
Berita Rabu, 01 Des 2021

Kemenpora Siapkan Petunjuk Teknis Implementasi Inpres Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional bagi Kementerian/Lembaga

Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional tidak akan terwujud jika tidak ada Kerjasama yang baik antar instansi pemerintahan terkait, baik di tingkat nasional maupun di daerah. Demi menjalankan Instruksi Presiden No 3 tahun 2019 tentang Pembangunan Percepatan Sepak Bola Nasional, Kementerian Pemuda dan Olahraga menggelar rapat Pembahasan Draft Lanjutan Petunjuk Teknis Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional bagi Kementerian/Lembaga. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Belleza Suite Jakarta pada 30 November – 2 Desember 2021. Rapat dihadiri beberapa Kementerian dan Lembaga terkait yaitu Kemendagri, KemenkoPMK, Kemendikbud, dan PSSI.

news
Berita Minggu, 28 Nov 2021

100 Pelajar Unjuk Gigi di Sport Festival Manggarai Barat

Manggarai Barat (28/11)-Kemenpora menggelar Sports Festival pada 26 - 28 November 2021 di Aula Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kegiatan ini diikuti oleh siswa satuan pendidikan dasar dan menengah Se-Kabupaten Manggarai Barat sebanyak 100 siswa. Cabang olahraga yang dipertandingkan adalah Taekwondo (Poomsae) dan Karate (Kata).

news
Berita Sabtu, 27 Nov 2021

Tersihir Panorama dari Atas Bukit Sembulang Batam bersama Paragliding Trip of Indonesia (TROI) 2021 Seri 3

BATAM: Jumat (26/11). Indonesia terkenal akan keindahan alamnya. Berbagai wilayah dengan kontur alami menjadi obyek wisata dan lokasi menarik untuk olahraga alam. Salah satunya adalah Bukit Sembulang, Kec. Galang, Kota Batam. Di bukit ini Kemenpora menggelar Paragliding Trip of Indonesia (TROI) 2021 Seri 3 pada 26 – 28 November 2021. Kegiatan ini diikuti oleh 150 peserta baik dari perorangan, maupun berbagai komunitas paragliding seluruh Indonesia.

news
Berita Kamis, 25 Nov 2021

Asyik dan Seru, Tur Museum Olahraga Nasional di Malam Hari

Jakarta (24/11). Ada yang berbeda di Tur Museum Olahraga (MORA) Nasional pada Rabu, 24 November 2021. Jika lazimnya dilakukan di siang hari, kali ini Tur dilakukan di malam hari. Selain itu, jika peserta rangkaian tur virtual sebelumnya adalah para siswa SD, kali ini pesertanya adalah mahasiswa STKIP Kusuma Negara.

news
Berita Kamis, 18 Nov 2021

Lebih dari 400 Siswa SD Swasta Yogjakarta Nikmati Virtual Tour Museum Olahraga Nasional

Museum Olahraga Nasional kembali bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kota Yogyakarta menyelenggarakan Virtual Museum Tour MORA pada Kamis, 18 November 2021. Kegiatan ini diikuti oleh 441 peserta dari 13 Sekolah Dasar Swasta di Kota Yogyakarta. Virtual Museum Tour diikuti oleh Kegiatan dilaksanakan melalui zoom meeting dan disiarkan langsung melalui YouTube Museum Olahraga Nasional

news
Berita Senin, 15 Nov 2021

Festival Senam Kreasi Nusantara 2021: Kreasikan Budaya Nusantara Melalui Senam

Kementerian Pemuda dan Olahraga menggelar Festival Senam Kreasi Nusantara tahun 2021 di Hotel Lombok Plaza, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) . Berlangsung selama dua hari pada 15 s.d 16 November 2021, pada hari pertama dimeriahkan dengan lomba kreasi senam yang diikuti sebanyak 113 orang, terbagi dari 19 tim yang berasal dari Kota/Kabupaten di NTB. Pada hari kedua dilanjutkan dengan workshop Gerak Sehat Bugar, dengan peserta sebanyak 273 orang.

news
Berita Sabtu, 13 Nov 2021

Serunya Para Guru Bermain dan Berolahraga di Museum Olahraga Nasional

Jakarta (13/11). Museum Olahraga Nasional menggelar Lomba-lomba Edukasi Tahun 2021 pada 13 November 2021. Bekerja sama dengan Kelompok Kerja Guru Olahraga  (KKGO) DKI Jakarta, acara diikuti oleh para guru olahraga di DKI Jakarta. Total peserta 32 tim dengan masing-masing tim berjumlah 13 anggota.

news
Berita Rabu, 10 Nov 2021

Meski Pandemi, Antusiasme Olahragawan Ekstrem Ikuti Final IOXC ke-XII Cukup Tinggi

Banten (10/10).-Ajang Indonesia Open X-Sports Championship (IOXC) KE-XII Tahun 2021 kembali digelar. Final ajang ini dilaksanakan di BSD Extreme Park pada tanggal 10 – 11 November 2021. IOXC tahun ini mempertandingkan enam cabang olahraga, antara lain Agresive Inline Skate, Skateboard, BMX freestyle, B-Boys battle, Soccer freestyle, serta Parkour.

news
Berita Rabu, 10 Nov 2021

Siasati Kondisi Pandemi, Road to IOXC ke-XII 2021 Digelar Secara Daring

Banten: Gelaran Road to Indonesia Open X-Sports Championship (IOXC) ke-XII 2021 Online Series telah mencapai babak final. Kegiatan yang sudah berlangsung sejak 3 Agustus sampai 26 Oktober tersebut telah sampai pada kualifikasi delapan besar. Dari enam cabang olahraga yang dipertandingkan yaitu Agresive Inline Skate, Skateboard, BMX freestyle, B-Boys battle, Soccer freestyle, serta Parkour. Sekitar 100 orang peserta berhasil lolos ke tahap delapan besar.

news
Artikel Senin, 08 Nov 2021

Bangkitkan Kembali Sport Tourism Belitung dengan Even Olahraga

Pandemi Covid-19 yang melanda bumi pertiwi beberapa waktu ini tentu banyak memberikan dampak negatif di berbagai sektor di daerah, salah satunya pariwisata. Negeri Laskar Pelangi, Pulau Belitung yang terkenal dengan berbagai pantai nan indah pun tak luput dari dampak pandemi. Wilayah ini sempat sepi wisatawan.

news
Berita Jumat, 05 Nov 2021

Terus Tingkatkan Kualitas Layanan, Museum Olahraga Nasional Gelar Peningkatan Kompetensi Pegawai

Bogor: Kementerian Pemuda dan Olahraga menggelar kegiatan peningkatan kompetensi bagi pegawai Museum Olahraga Nasional pada 4 sampai 6 November 2021 di Aston Hotel & Resort Bogor. Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Museum Olahraga Nasional, Een Ermawati.

news
Artikel Senin, 01 Nov 2021

Stadion dan Gelora Bernilai Ratusan Miliar Hingga Trilyunan, Bagaimana Harusnya Mengelola?

Mangkraknya Stadion Palaran Kaltim Beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 25 Oktober 2021 saya melakukan kunjungan ke Kalimantan Timur. Selain berkoordinasi dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Kalimantan Timur saya juga berkesempatan untuk mengunjungi Stadion Palaran, Samarinda.

news
Berita Sabtu, 30 Okt 2021

Karuci Cup I, Ajang Uji Hasil Pembinaan Pevoli Muda Jabodetabek

Jakarta (30/10). Kejuaraan Bola voli antar Club  Remaja  Se -Jabodetabek Kelahiran 2005/ U-15 Th Karuci Cup I digelar di Jakarta Timur pada Sabu-Minggu, 30-31 Oktober 2021. Kejuaraan ini diselenggarakan oleh Klub bola voli Karuci Jakarta Timur bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

news
Berita Kamis, 28 Okt 2021

823 Siswa SD Kota Yogyakarta Ikuti Virtual Museum Tour Museum Olahraga Nasional

Jakarta. Museum Olahraga Nasional bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kota Yogyakarta menyelenggarakan Virtual Museum Tour MORA pada Kamis, 26 Oktober 2021. Dalam rangka program layanan publik Museum Olahraga Nasional di masa pandemi Covid-19, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi peserta didik untuk memberikan nilai edukasi, inspirasi, rekreasi bidang keolahragaan, memberikan informasi untuk melihat secara langsung bukti dari peristiwa sejarah keolahragaan yang tersimpan di dalamnya, serta tentang manfaat keberadaan dan eksistensi Museum Olahraga Nasional, Kementerian Pemuda dan Olahraga.

news
Berita Kamis, 28 Okt 2021

Indonesia Hadiri Twelfth ASEAN Officials Meeting on Sports (SOMS-12)

Jakarta (27/10) Indonesia menghadiri Twelfth ASEAN Senior Officials Meeting on Sports (SOMS-12), ASEAN Plus Japan Special Meeting on Woman In Sports serta Fourth ASEAN Plus Japan Senior Officials Meeting on Sports (4th SOMS + JAPAN) yang dilaksanakan secara virtual oleh Singapura pada 26 hingga 27 Oktober 2021. Asisten Deputi Kemiitraan dan Penghargaan Olahraga, Suyadi Pawiro menjadi perwakilan delegasi dari Indonesia.

news
Berita Kamis, 21 Okt 2021

Laskar Egrang Challenge Ciptakan Destinasi Wisata Olahraga Tradisional di Kabupaten Belitung

Belitung: Pekan Olahraga Tadisional tingkat Nasional (Potradnas) VIII tahun 2021 akan segera dimulai. Kabupaten Belitung dinobatkan sebagai tuan rumah kegiatan yang bertujuan untuk melestarikan olahraga tradisional oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga tersebut. Pembukaan acara akan dilaksanakan pada 22 Oktober 2021 bertempat di pantai wisata Tanjung Pendam. Sebelum di buka, terlebih dahulu dilaksanakan pra-event bertajuk Laskar Egrang Challenge pada Kamis 21 Oktober 2021. Laskar Egrang Challenge yaitu berjalan menggunakan egrang secara estafet dengan masing-masing orang menempuh 10 km kemudian dilanjutkan hingga orang kelima hingga etape terakhir, sehingga total jarak tempuh adalah 50 km (dari kabupaten Belitung Timur hingga Kabupaten Belitung).

news
Berita Kamis, 21 Okt 2021

Kabupaten Belitung Tuan Rumah Potradnas VIII Tahun 2021

Pekan Olahraga Tradisional tingkat Nasional (Potradnas) VIII Tahun 2021 akan diselenggarakan di Kabupaten Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada 22 s.d. 24 Oktober 2021. Terdapat 5 cabang olahraga yang dipertandingkan menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19 yaitu egrang, ketapel, lari balok, panahan, dan sumpitan. Peserta Potradnas adalah pria dan wanita perwakilan dari setiap provinsi di Indonesia dengan rentang usia 14 s.d. 24 tahun (sesuai dengan cabang olahraga yang diikuti). Kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya melestarikan olahraga tradisional sebagai kekayaan bangsa dan juga untuk menumbuhkembangkan rasa cinta kepada kekayaan budaya bangsa.

news
Berita Rabu, 20 Okt 2021

Kejuaraan Paragliding di NTT Jadi Pemicu Pengembangan Sport Tourism

ALOR: Selasa (19/10) Gubernur Nusa Tenggara Timur, Vikto B. Laiskodat, membuka secara resmi Paragliding Trip of Indonesia (TROI) 2021 Seri 2 di Bukit Badoe, Desa Hulnani, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. Kejuaraan Paragliding ini berlangsung pada 19-23 Oktober 2021 dan diikuti oleh 120 peserta yang berasal dari seluruh Indonesia baik dari komunitas maupun perseorangan.

ARTIKEL

news
Artikel Selasa, 02 Agst 2022

Muda Rajin Olahraga, Tua Sehat Tulangnya

Menua dengan sehat, termasuk sehat tulang, tanpa mengalami keropos (osteoporosis) adalah impian banyak orang. Bagaimana cara kita mencegah osteoporosis?
news
Artikel Kamis, 10 Mar 2022

Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS): Garda Terdepan Wujudkan Pelajar Bugar, Sehat dan Berprestasi

Aktivitas olahraga bagi pelajar merupakan salah satu instrumen penting dalam menjaga kesehatan dan kebugaran. Selain itu, olahraga juga berperan dalam pembentukan karakter disiplin, jujur, tangguh dan kompetitif.
news
Artikel Senin, 08 Nov 2021

Bangkitkan Kembali Sport Tourism Belitung dengan Even Olahraga

Pandemi Covid-19 yang melanda bumi pertiwi beberapa waktu ini tentu banyak memberikan dampak negatif di berbagai sektor di daerah, salah satunya pariwisata. Negeri Laskar Pelangi, Pulau Belitung yang terkenal dengan berbagai pantai nan indah pun tak luput dari dampak pandemi. Wilayah ini sempat sepi wisatawan.
news
Artikel Senin, 01 Nov 2021

Stadion dan Gelora Bernilai Ratusan Miliar Hingga Trilyunan, Bagaimana Harusnya Mengelola?

Mangkraknya Stadion Palaran Kaltim Beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 25 Oktober 2021 saya melakukan kunjungan ke Kalimantan Timur. Selain berkoordinasi dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Kalimantan Timur saya juga berkesempatan untuk mengunjungi Stadion Palaran, Samarinda.
news
Artikel Jumat, 23 Jul 2021

Momen Hari Anak Nasional, Yuk Ajak Anak tetap Aktif Bergerak Meski Pandemi

Hari ini Hari Anak Nasional, tetapi Bu Tuti sedang pusing tujuh keliling. Pasalnya, anaknya yang berusia sebelas tahun tampak semakin tambun. Sebelum pandemi, dokter sudah mengingatkan jika ia beresiko kegemukan (overweight). Kini,  setahun  lebih setelah Belajar Dari Rumah (BDR) karena pandemi Covid-19, baju seragam sekolahnya benar-benar sudah tidak muat. Sekarang, mau tak mau Bu Tuti harus lebih gencar mengajak anaknya berolahraga dan mengurangi cemilan tak sehat.
PELAYANAN