Terbaru

news
Berita Rabu, 10 Nov 2021

Siasati Kondisi Pandemi, Road to IOXC ke-XII 2021 Digelar Secara Daring

Banten: Gelaran Road to Indonesia Open X-Sports Championship (IOXC) ke-XII 2021 Online Series telah mencapai babak final. Kegiatan yang sudah berlangsung sejak 3 Agustus sampai 26 Oktober tersebut telah sampai pada kualifikasi delapan besar. Dari enam cabang olahraga yang dipertandingkan yaitu Agresive Inline Skate, Skateboard, BMX freestyle, B-Boys battle, Soccer freestyle, serta Parkour. Sekitar 100 orang peserta berhasil lolos ke tahap delapan besar.

news
Artikel Senin, 08 Nov 2021

Bangkitkan Kembali Sport Tourism Belitung dengan Even Olahraga

Pandemi Covid-19 yang melanda bumi pertiwi beberapa waktu ini tentu banyak memberikan dampak negatif di berbagai sektor di daerah, salah satunya pariwisata. Negeri Laskar Pelangi, Pulau Belitung yang terkenal dengan berbagai pantai nan indah pun tak luput dari dampak pandemi. Wilayah ini sempat sepi wisatawan.

news
Berita Jumat, 05 Nov 2021

Terus Tingkatkan Kualitas Layanan, Museum Olahraga Nasional Gelar Peningkatan Kompetensi Pegawai

Bogor: Kementerian Pemuda dan Olahraga menggelar kegiatan peningkatan kompetensi bagi pegawai Museum Olahraga Nasional pada 4 sampai 6 November 2021 di Aston Hotel & Resort Bogor. Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Museum Olahraga Nasional, Een Ermawati.

news
Artikel Senin, 01 Nov 2021

Stadion dan Gelora Bernilai Ratusan Miliar Hingga Trilyunan, Bagaimana Harusnya Mengelola?

Mangkraknya Stadion Palaran Kaltim Beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 25 Oktober 2021 saya melakukan kunjungan ke Kalimantan Timur. Selain berkoordinasi dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Kalimantan Timur saya juga berkesempatan untuk mengunjungi Stadion Palaran, Samarinda.

news
Berita Sabtu, 30 Okt 2021

Karuci Cup I, Ajang Uji Hasil Pembinaan Pevoli Muda Jabodetabek

Jakarta (30/10). Kejuaraan Bola voli antar Club  Remaja  Se -Jabodetabek Kelahiran 2005/ U-15 Th Karuci Cup I digelar di Jakarta Timur pada Sabu-Minggu, 30-31 Oktober 2021. Kejuaraan ini diselenggarakan oleh Klub bola voli Karuci Jakarta Timur bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

news
Berita Kamis, 28 Okt 2021

823 Siswa SD Kota Yogyakarta Ikuti Virtual Museum Tour Museum Olahraga Nasional

Jakarta. Museum Olahraga Nasional bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kota Yogyakarta menyelenggarakan Virtual Museum Tour MORA pada Kamis, 26 Oktober 2021. Dalam rangka program layanan publik Museum Olahraga Nasional di masa pandemi Covid-19, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi peserta didik untuk memberikan nilai edukasi, inspirasi, rekreasi bidang keolahragaan, memberikan informasi untuk melihat secara langsung bukti dari peristiwa sejarah keolahragaan yang tersimpan di dalamnya, serta tentang manfaat keberadaan dan eksistensi Museum Olahraga Nasional, Kementerian Pemuda dan Olahraga.

news
Berita Kamis, 28 Okt 2021

Indonesia Hadiri Twelfth ASEAN Officials Meeting on Sports (SOMS-12)

Jakarta (27/10) Indonesia menghadiri Twelfth ASEAN Senior Officials Meeting on Sports (SOMS-12), ASEAN Plus Japan Special Meeting on Woman In Sports serta Fourth ASEAN Plus Japan Senior Officials Meeting on Sports (4th SOMS + JAPAN) yang dilaksanakan secara virtual oleh Singapura pada 26 hingga 27 Oktober 2021. Asisten Deputi Kemiitraan dan Penghargaan Olahraga, Suyadi Pawiro menjadi perwakilan delegasi dari Indonesia.

news
Berita Kamis, 21 Okt 2021

Laskar Egrang Challenge Ciptakan Destinasi Wisata Olahraga Tradisional di Kabupaten Belitung

Belitung: Pekan Olahraga Tadisional tingkat Nasional (Potradnas) VIII tahun 2021 akan segera dimulai. Kabupaten Belitung dinobatkan sebagai tuan rumah kegiatan yang bertujuan untuk melestarikan olahraga tradisional oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga tersebut. Pembukaan acara akan dilaksanakan pada 22 Oktober 2021 bertempat di pantai wisata Tanjung Pendam. Sebelum di buka, terlebih dahulu dilaksanakan pra-event bertajuk Laskar Egrang Challenge pada Kamis 21 Oktober 2021. Laskar Egrang Challenge yaitu berjalan menggunakan egrang secara estafet dengan masing-masing orang menempuh 10 km kemudian dilanjutkan hingga orang kelima hingga etape terakhir, sehingga total jarak tempuh adalah 50 km (dari kabupaten Belitung Timur hingga Kabupaten Belitung).

news
Berita Kamis, 21 Okt 2021

Kabupaten Belitung Tuan Rumah Potradnas VIII Tahun 2021

Pekan Olahraga Tradisional tingkat Nasional (Potradnas) VIII Tahun 2021 akan diselenggarakan di Kabupaten Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada 22 s.d. 24 Oktober 2021. Terdapat 5 cabang olahraga yang dipertandingkan menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19 yaitu egrang, ketapel, lari balok, panahan, dan sumpitan. Peserta Potradnas adalah pria dan wanita perwakilan dari setiap provinsi di Indonesia dengan rentang usia 14 s.d. 24 tahun (sesuai dengan cabang olahraga yang diikuti). Kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya melestarikan olahraga tradisional sebagai kekayaan bangsa dan juga untuk menumbuhkembangkan rasa cinta kepada kekayaan budaya bangsa.

news
Berita Rabu, 20 Okt 2021

Kejuaraan Paragliding di NTT Jadi Pemicu Pengembangan Sport Tourism

ALOR: Selasa (19/10) Gubernur Nusa Tenggara Timur, Vikto B. Laiskodat, membuka secara resmi Paragliding Trip of Indonesia (TROI) 2021 Seri 2 di Bukit Badoe, Desa Hulnani, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. Kejuaraan Paragliding ini berlangsung pada 19-23 Oktober 2021 dan diikuti oleh 120 peserta yang berasal dari seluruh Indonesia baik dari komunitas maupun perseorangan.

news
Berita Minggu, 03 Okt 2021

Festival Senam Komunitas Kebugaran Lansia Pra-lansia Indonesia (KLPI) Ajak Lansia Sehat, Bugar dan Poduktif

TANGERANG SELATAN: Komunitas Kebugaran Lansia Pra-lansia Indonesia (KLPI) bersama Kemenpora menyelenggarakan Festival Senam KLPI pada 3 Oktober 2021 di New Excellent Hall, Kota Tangerang Selatan. Festival ini melombakan dua kategori yaitu lansia dan Pra-lansia.

news
Berita Jumat, 01 Okt 2021

Kemenpora Gelar Bimbingan dan Pengembangan Karir Untuk Persiapan Pasca Atlet

BOGOR: Kementerian Pemuda dan Olahraga menggelar bimbingan dan pengembangan karir atlet pada 29 September sampai 1 Oktober 2021 di Hotel Safari Garden Puncak, Jawa Barat. Kegiatan tersebut ditujukan bagi para atlet Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) dan Mahasiswa (PPLM) yang berada di bawah binaan Kemenpora.

news
Berita Kamis, 23 Sep 2021

21 Tim Berkompetisi dalam Kejuaraan Goalball  yang Digelar Kemenpora-PORTI

Bandung: Perkumpulan Olahraga Tuna Netra Indonesia (PORTI) dengan dukungan Kemenpora menggelar kejuaraan Goalball di  Lapangan Futsal Secapa TNI AD Hermana Bandung pada Sabtu hingga Minggu,18 s.d. 19 September 2021. Tema yang diusung dalam kejuaraan ini adalah "Dengan Semangat Haornas Tingkatkan Prestasi Olahraga Tunanetra dan Dukung Desain Besar Olahraga Nasional Indonesia". 

news
Berita Sabtu, 18 Sep 2021

Kemenpora Gelar Sport Festival untuk Budayakan Olahraga dan Cetak Generasi Unggul

Kemenpora menyelenggarakan sport festival untuk memfasilitasi dan memotivasi peserta didik yang mempunyai bakat dan minat di bidang olahraga, sekaligus sebagai upaya pembentukan sikap mental, sportivitas, kejujuran, serta rasa solidaritas yang tinggi antar peserta didik. Ini juga merupakan upaya untuk melahirkan bibit unggul daerah.

news
Berita Sabtu, 18 Sep 2021

Sehatkan dan Bugarkan Masyarakat, Kemenpora Gelar Festival Kreasi Senam Nusantara

Yogyakarta- Kemenpora gelar Festival Kreasi Senam Nusantara tahun 2021 di Ballroom Hotel Sheraton Yogyakarta, Jumat 17 s.d. 19 September 2021. Kegiatan ini juga masih dalam rangka mendukung rangkaian peringatan Hari Olahraga Nasional yang ke-38.

news
Berita Minggu, 12 Sep 2021

Kemenpora dan PORTINA Ajak Generasi Muda Lestarikan Olahraga Tradisional

Tangerang: Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (PORTINA) menyelenggarakan Invitasi Olahraga Tradisional se-Jabodetabek pada 11 September 2021 di Hotel Narita Tanggerang, Provinsi Banten. Diantara yang dilombakan adalah gebuk bantal, terompah panjang, dagongan, dan tarik tambang. Peserta yang mengikuti kegiatan adalah sebanyak 100 orang pelajar dan mahasiswa. Acara dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

news
Berita Kamis, 09 Sep 2021

Ternyata Kunjungan ke Museum Olahraga Nasional Bisa Dilakukan Secara Virtual, Lho! Bagaimana Caranya, Ya?

Museum Olahraga Nasional membuka layanan Virtual Museum Tour dalam rangka program layanan publik di masa pandemi Covid-19. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi, inspirasi, dan rekreasi bagi para peserta didik bidang keolahragaan serta memberi kesempatan bagi peserta untuk melihat secara langsung peristiwa keolahragaan bersejarah yang tersimpan di Museum Olahraga Nasional. Tentunya hal ini juga sebagai bentuk eksistensi Museum Olahraga Nasional yang berada di bawah naungan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

news
Berita Sabtu, 04 Sep 2021

Festival Olahraga Disabilitas Intelektual SOINA DKI Jakarta Beri Pilihan Aktivitas Fisik di Rumah Selama Pandemi Covid-19 Bagi Atlet Disabilitas

JAKARTA: SOINA Provinsi DKI Jakarta melaksanakan Festival Olahraga Disabilitas Intelektual pada 4 September 2021 di Taman Hijau Komplek IKIP Duren Sawit, Jakarta Timur. Festival olahraga disabilitas ini menampilkan berbagai kegiatan seperti senam bersama, bola basket 3x3, motor activity training dan ada juga kegiatan seperti menanam pohon, memasak, memotong sayur, peragaan protokol kesehatan dan juga individual kontes.

news
Berita Sabtu, 04 Sep 2021

Ternyata Sumedang Punya Spot untuk Terbang. Apa Kamu Tertarik untuk Mencoba?

SUMEDANG: Kementerian Pemuda dan Olahraga tak bosan bosannya mengajak masyarakat untuk berolahraga. Salah satu olahraga ekstrem yang digemari masyarakat adalah paragliding. Kali ini giliran Kampung Toga, Kabupaten Sumedang yang menjadi tuan rumah kegiatan Paragliding Trip of Indonesia (TROI) Seri 1.

news
Berita Jumat, 03 Sep 2021

Kemenpora Susun Peraturan Menteri yang Mendeskripsikan Pembagian Tugas Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat dalam Pengembangan Olahraga Rekreasi di Indonesia

Jakarta: Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar Rapat Finalisasi dan Harmonisasi Rancangan Permenpora tentang Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria (NSPK) Pembinaan dan Pengembangan Olahraga Rekreasi. Rapat ini diselenggarakan secara virtual dan juga fisik di Harper Hotel, MT Haryono, Jakarta Pusat pada 2 s.d. 4 September 2021 dengan mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

ARTIKEL

news
Artikel Senin, 18 Des 2023

Pegiat Olahraga yang Deputi

Pegiat Olahraga yang Deputi
news
Artikel Kamis, 24 Agst 2023

Sport Development Index (SDI) dan Pembangunan Olahraga Indonesia

Sobatpora, coba dihitung berapa kali kita berolahraga dalam satu minggu? Satu kali, dua, tiga? Atau malah kita lewatkan satu minggu tanpa olahraga?
news
Artikel Rabu, 09 Agst 2023

Kita Kurang ini, Kurang itu

Saya tak kuasa nahan air mata menghadiri penutupan Pekan Paralimpiade Pelajar Nasional (Peparpenas) X di Palembang beberapa waktu lalu. Para atlet pelajar disabilitas nampak riang, gembira dan bahagia. Terlihat sekali wujud syukur mereka dengan cara paling sederhana. Mengutip kata-Kata Gus Baha "Salah satu wujud syukur adalah tertawa, gembira".
news
Artikel Selasa, 29 Nov 2022

Lebih Pede Lari Tanpa Sepatu, Selvia Wulandari Jadi Juara Pertama Lari 800 Meter Pospenas IX

Solo: Pelari putri dari Kontingen Jawa Timur, Selvia Wulandari berhasil menjadi juara pertama pada gelaran Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (POSPENAS) IX Tahun 2022. Lari merupakan salah satu bidang yang dilombakan pada cabang olahraga atletik dan dilaksanakan di Stadion Sriwedari Surakarta.
news
Artikel Selasa, 02 Agst 2022

Muda Rajin Olahraga, Tua Sehat Tulangnya

Menua dengan sehat, termasuk sehat tulang, tanpa mengalami keropos (osteoporosis) adalah impian banyak orang. Bagaimana cara kita mencegah osteoporosis?
PELAYANAN