Terbaru

news
Berita Senin, 14 Jun 2021

Gelar Indonesia Open X-Sports Championship (IOXC) ke 12 di Borobudur, Kemenpora Optimis Kembangkan Olahraga Milenial dan Sport Tourism di Tengah Pandemi

Jakarta (13/06). Kemenpora akan menggelar Indonesia Open X-Sports Championship (IOXC) ke 12 di Arena Candi Borobudur pada 22-24 Oktober 2021. Event ini merupakan kejuaraan olahraga ekstrem yang digandrungi kaum milenial, khususnya perkotaan. Dengan jargon extrem, action with attitute event olahraga ini lekat dengan karakter milenial yang dinamis dan suka tantangan.

news
Berita Minggu, 13 Jun 2021

Tingkatkan kualitas SDM Pembina Olahraga Disabilitas, Kemenpora Gelar Pelatihan Bagi Para Guru SLB dan Organisasi Disabilitas Se-Jawa Barat

Bandung. Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia menggelar pelatihan SDM Pembina Olahraga Disabilitas. Pelatihan ini ditujukan bagi para guru Sekolah Luar Biasa (SLB) dan guru sekolah Inklusi yang berlangsung di El Hotel Royal, Bandung, Jawa Barat.

news
Berita Minggu, 13 Jun 2021

Kemenpora Gelar Pelatihan Pelatih Cabang Olahraga Bagi Guru PJOK /Pelatih SSB Se DIY Tahun 2021

YOGYAKARTA (12/06). Guru Pendidikan Jasmani dan Olahraga Kesehatan (PJOK) pada satuan pendidikan memiliki peran besar dalam pembudayaan olahraga. Mereka juga berkontribusi dalam pembinaaan keolahragaan secara berjenjang dan berkelanjutan sebagai bagian dari upaya peningkatan prestasi olahraga nasional. Menyadari hal tersebut, sebagai upaya peningkatan kualitas guru PJOK/Pelatih Sekolah Sepak Bola (SSB), Kementerian Pemuda dan Olahraga menyelenggarakan Pelatihan Pelatih Cabang Olahraga (Lisensi D PSSI) Bagi Guru PJOK /Pelatih SSB Se DIY Tahun 2021.

news
Berita Kamis, 10 Jun 2021

Deputi Pembudayaan Olahraga Gelar Rapat Koordinasi Penyusunan NSPK

JAKARTA (9/6). Kemenpora terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan dalam upaya pembudayaan olahraga di Indonesia. Salah satunya adalah dengan mepersiapkan payung hukum yang kuat sebagai landasan pelaksanaan program/kegiatan. Menyadari hal tersebut Deputi Bidang Pembudayaan Olaharaga menyelenggarakan Rapat Koordinasi Penyusunan NSPK Deputi Bidang Pengembangan Pemuda.

news
Artikel Minggu, 06 Jun 2021

Gemar Berolahraga, Lingkungan Terjaga

Mens sana in corpore sano Kita mungkin sudah sangat sering mendengar jargon diatas. Apabila jargon bahasa latin tersebut diterjemahkan secara harfiah akan menjadi “a healthy mind in a healthy body” yang berarti “jiwa yang sehat didalam tubuh yang sehat”. Ya, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Contoh sederhana, ketika kita mengalami sakit gigi, batuk, flu, dan sebagainya, secara tidak langsung akan memengaruhi perilaku kita. Kadang kita menjadi malas berbicara, malas keluar rumah, atau bahkan menjadi mudah marah dan gelisah. Meskipun kesehatan fisik bukan satu-satunya faktor penentu kesehatan jiwa, akan tetapi contoh tersebut menunjukkan bahwa kesehatan fisik mempengaruhi kesehatan jiwa.

news
Berita Minggu, 06 Jun 2021

Gowes Bersama Kemenparekraf, Kemenpora Aktif Kampanyekan Hidup Sehat

MAGELANG (6/06). Kemenpora terus berupaya meningkatkan partisipasi masyarakat berolahraga agar masyarakat sehat dan bugar. Salah satunya dengan turut mengkampanyekan kegiatan Hidup Sehat Series Citilink 2021 Borobudur yang diselenggarakan 4 sd 6 Juni 2021. Didukung oleh Citilink, acara ini merupakan kolaborasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koordinator dan Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Pemda DIY dan Jateng.

news
Berita Jumat, 04 Jun 2021

Audiensi Kadispora Sulbar untuk Sinergi Pembinaan Atlet Muda

JAKARTA. Asisten Deputi Pengelolaan Pembinaan Sentra dan SKO, Bayu Rahardian menerima audiensi Kadispora Sulawesi Barat (04/06). Audiensi ini merupakan salah satu upaya menjalin sinergitas program pembinaan untuk menghasilkan atlet-atlet internasional.

news
Berita Kamis, 03 Jun 2021

Wujudkan Masyarakat Sehat, Bugar,dan Gembira; Kemenpora Gelar Rapat Koordinasi Pembudayaan Olahraga Masyarakat/Rekreasi

BANTEN (2/06). Kemenpora terus berupaya mendukung pelaksanaan misi pertama presiden Jokowi , yaitu pembangunan sumber daya manusia. Salah satunya adalah meningkatkan produktivitas masyarakat Indonesia melalui olahraga.

news
Artikel Senin, 31 Mei 2021

Sport Tourism Merupakan Solusi Bagi Kita Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh dan Membangkitkan Perekonomian Bangsa

Beberapa tahun terakhir mungkin kita mengenal beberapa agenda kegiatan olahraga out door yang menjadi trend di kalangan masyarakat, misalnya lomba bersepeda santai atau fun bike, jalan santai bersama keluarga, atau lari dengan sitilah Ten-K (berjarak 10 kilometer), dsb. Kegiatan olahraga out door yang berada di alam terbuka dikenal dengan istilah Sport Tourism yakni olahraga yang dikombinasikan sekaligus memperkenalkan atau promosi wisata disuatu negara atau daerah. Sebenarnya ada dua jenis sport tourism yakni hard sport tourism dan soft sport tourism.

news
Berita Selasa, 25 Mei 2021

Kemenpora Susun Pedoman Olahraga Lansia dan Pedoman Pengembangan Olahraga Lansia di Daerah

JAKARTA (24/05). Kementerian Pemuda dan Olahraga menggelar rapat Penyusunan Pedoman Olahraga Lansia dan Pengembangan Olahraga Lansia Di Daerah pada Selasa sd Kamis, 24 sd 26 Mei 2021 di Hotel Sotis Jakarta Selatan.

news
Artikel Minggu, 23 Mei 2021

Menggagas Peningkatan Partisipasi Masyarakat Berolahraga melalui sinergi Kemenpora-BKKBN

Masih tercatat dalam berbagai berita media kita, pesan apa yang disampaikan presiden Joko Widodo pada peringatan Hari Olahraga Nasional ke 37 tahun 2020. Dari sekian pesan yang disampaikan, salah satunya Jokowi mengingatkan pentingnya menjadikan olahraga sebagai bagian keseharian masyarakat Indonesia.

news
Berita Sabtu, 08 Mei 2021

Perkuat Kebijakan Keolahragaan, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Revisi Permenpora Gerakan Ayo Olahraga

Salah satu faktor penentu keberhasilan pembangunan keolahragaan adalah tersedianya kebijakan yang implementatif, Menyadari hal tersebut Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga menggelar Rapat Revisi Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga Nomor 18 Tahun 2017 tentang Gerakan Ayo Olahraga. Rapat tersebut telah dilaksanakan sebanyak 2 kali. Rapat pertama pada tanggal 22 April 2021 dibuka secara resmi oleh Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta.

news
Berita Jumat, 07 Mei 2021

Terus Tingkatkan Kualitas Pembinaan, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga kembali Gelar Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Program dengan Stakeholder Sentra dan Sekolah Olahraga

Pembangunan olahraga merupakan pekerjaan lintas sektor yang melibatkan berbagai Kementerian/ Lembaga, maka koordinasi dengan K/L terkait menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan program. Menyadari hal tersebut, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga menggelar Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Program dengan Stakeholder Sentra dan Sekolah Olahraga tanggal 5 s.d 6 Mei 2021 di hotel Mercure Jakarta.

news
Berita Kamis, 29 Apr 2021

Peringati Hari Kartini, Kemenpora Gelar Webinar Bertajuk “Jejak Langkah Srikandi Olahraga Indonesia”

Sosok Kartini menjadi salah satu orang yang berjasa dalam meraih emansipasi wanita di Indonesia. Oleh karena itu, tanggal 21 April yang juga merupakan hari lahir perempuan asal Jepara, Jawa Tengah, diperingati setiap tahunnya sebagai Hari Kartini untuk mengenang jasa-jasanya dalam memperjuangkan hak-hak kaum perempuan.

news
Berita Kamis, 22 Apr 2021

Tingkatkan Kualitas Pembinaaan Olahraga, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Gelar Rapat Koordinasi dengan Stakeholder

Sebagai leading sector pembangunan keolahragaan di Indonesia, Kemenpora terus berupaya meningkatkan kualitas pembinaan prestasi olahraga nasional dan daerah. Hal ini terwujud dengan diselenggarakannya Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Program dengan Stakeholder yang berlangsung dari Rabu (21/04) hingga Jumat (23/04) di Hotel Pullman Jakarta. Rapat dengan tema Mewujudkan Talenta Olahraga Menuju Olimpiade 2032 melalui Sentra-Sentra Olahraga Usia Muda ini dihadiri oleh Dispora 34 provinsi dan beberapa kabupaten/kota di Indonesia serta Kementerin/Lembaga terkait lainnya.

news
Berita Senin, 19 Apr 2021

Kunjungi Kemenpora, Dispora Kota Ternate Sosialisasikan Potensi Olahraga Wisata Daerah

JAKARTA. Asisten Deputi Kemitraan dan Pengharagaan Pemuda, Suyadi bersama Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus, Aris Subiyono menerima audiensi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Ternate (19/04), Sutopo Abdullah beserta jajarannya.

news
Artikel Senin, 19 Apr 2021

Terus Mereformasi Diri, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Dukung Pembangunan Zona Integritas

Salah satu langkah penting penataan sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif dan efisien, sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat, dan profesional adalah reformasi birokrasi. Berbagai kendala yang dihadapi antara lain penyalahgunaan wewenang, praktek Korupsi, Kolusi Nepotisme, dan lemahnya pengawasan. Sebagai gambaran, hingga saat ini Indonesia masih menjadi salah satu negara yang memiliki masalah besar di bidang pemberantasan korupsi.

news
Berita Senin, 12 Apr 2021

Tingkatkan Mental dan Potensi Atlet Daerah, PB.ESI Kabupaten Wonosobo Gelar Kompetisi Esport

JAKARTA (12/04). Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta menerima audiensi dari Pengurus Besar Esport Indonesia (PB.ESI) yang dipimpin Ketua Umum PB.ESI Kab, Wonosobo, Gatra Lutfi Pranowo.

news
Berita Jumat, 09 Apr 2021

Badan Bugar, Budaya Lestari

JAKARTA. Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Rekreasi, Mafrizon menerima audiensi dari Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kota Bandung (9/4)

news
Artikel Rabu, 10 Feb 2021

Exit Meeting Reformasi Birokrasi di Kementerian Pemuda dan Olahraga

Tim Evaluator Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (PANRB) menyampaikan hasil rekomendasi atas potret Reformasi Birokrasi dan Akuntabilitas Kinerja Kementerian Pemuda dan Olahraga Tahun 2020 pada Jumat (29/01). Evaluasi tersebut dilaksanakan secara virtual dan diikuti oleh tim pokja seluruh satuan kerja di Kementerian Pemuda dan Olahraga.

ARTIKEL

news
Artikel Senin, 18 Des 2023

Pegiat Olahraga yang Deputi

Pegiat Olahraga yang Deputi
news
Artikel Kamis, 24 Agst 2023

Sport Development Index (SDI) dan Pembangunan Olahraga Indonesia

Sobatpora, coba dihitung berapa kali kita berolahraga dalam satu minggu? Satu kali, dua, tiga? Atau malah kita lewatkan satu minggu tanpa olahraga?
news
Artikel Rabu, 09 Agst 2023

Kita Kurang ini, Kurang itu

Saya tak kuasa nahan air mata menghadiri penutupan Pekan Paralimpiade Pelajar Nasional (Peparpenas) X di Palembang beberapa waktu lalu. Para atlet pelajar disabilitas nampak riang, gembira dan bahagia. Terlihat sekali wujud syukur mereka dengan cara paling sederhana. Mengutip kata-Kata Gus Baha "Salah satu wujud syukur adalah tertawa, gembira".
news
Artikel Selasa, 29 Nov 2022

Lebih Pede Lari Tanpa Sepatu, Selvia Wulandari Jadi Juara Pertama Lari 800 Meter Pospenas IX

Solo: Pelari putri dari Kontingen Jawa Timur, Selvia Wulandari berhasil menjadi juara pertama pada gelaran Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (POSPENAS) IX Tahun 2022. Lari merupakan salah satu bidang yang dilombakan pada cabang olahraga atletik dan dilaksanakan di Stadion Sriwedari Surakarta.
news
Artikel Selasa, 02 Agst 2022

Muda Rajin Olahraga, Tua Sehat Tulangnya

Menua dengan sehat, termasuk sehat tulang, tanpa mengalami keropos (osteoporosis) adalah impian banyak orang. Bagaimana cara kita mencegah osteoporosis?
PELAYANAN