Terbaru

news
Berita Selasa, 28 Jun 2022

Mengenal Antropometri dan Itemnya dalam Pengukuran Potensi Fisik Peserta Didik yang Berbakat Menjadi Atlet

Antropometri adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang dimensi tubuh manusia. Antropometri berasal dari ‘antro’ yang berarti manusia dan ‘metri’ yang mempunyai arti pengukuran. Oleh sebab itu, ilmu antropometri digunakan sebagai bidang yang akan membahas perihal pengukuran manusia secara fisik. Selanjutnya, untuk kehidupan sehari-hari, antropometri akan memberikan data fisik manusia secara lengkap dan hal itu dapat digunakan sebagai persyaratan untuk berbagai macam keperluan, termasuk bagi tim pemandu bakat untuk mencari atlet yang dibutuhkan sesuai dengan cabang olahraga.

news
Berita Selasa, 28 Jun 2022

Galakkan Digitalisasi Arsip, Kemenpora Gelar Bimbingan Teknis Srikandi

Kementerian Pemuda dan Olahraga selalu berusaha untuk berkembang mengikuti kemajuan zaman. Menuju Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), salah satunya melalui digitalisasi arsip, Kemenpora mengembangkan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi atau SRIKANDI. Guna mempercepat penerapan SRIKANDI pada Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga (Deputi 3), maka pada Selasa, 28 Juni 2022 digelar Bimbingan Teknis yang diikuti oleh perwakilan seluruh keasdepan pada Deputi 3 di Ruang Rapat Besar Lantai 3 Gedung PPITKON.

news
Berita Selasa, 28 Jun 2022

Kemenpora Siapkan Sistem Identifikasi Pencarian Bakat Atlet dari Peserta Didik Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah, Butuh Peran Besar Guru Pendidikan Jasmani

Palembang: Implementasi Desain Besar Keolahragaan Nasional (DBON) merupakan kerja besar yang memerlukan dukungan sistem secara komprehensif, dari hulu pembinaan hingga ke hilir pencapaian prestasi. Hulu pembinaan merupakan titik awal upaya untuk menemukan bakat-bakat olahraga di antara belantara jutaan anak-anak Indonesia usia belia, yang duduk di bangku sekolah dasar atau maksimal duduk di bangku sekolah menengah pertama. Data di DAPODIK Kemendikbudristek per Maret 2022 menginformasikan bahwa saat ini jumlah peserta didik sekolah dasar di seluruh Indonesia berjumlah 24.052.786 orang, sementara peserta didik sekolah menengah pertama berjumlah 9.929.870 orang.

news
Berita Jumat, 24 Jun 2022

Jelang Satu Minggu Menuju Fornas VI, Kemenpora Gelar Rapat Kerja Persiapan

Jakarta (24/6): Kementerian Pemuda dan Olahraga menggelar Rapat Kerja persiapan penyelenggaraan Festival Olahraga Masyarakat Nasional (Fornas) VI 2021 Sumatera Selatan 2022, yang dilangsungkan di Hotel Belleza, Jakarta pada Jumat, 24 Juni 2022.

news
Berita Jumat, 24 Jun 2022

Optimisme, Semangat dan Kanalisasi Potensi melalui Festival Olahraga Disabilitas

Padang (23/6) Kemenpora menggelar Festival Olahraga Disabilitas pada Kamis, 23 Juni 2022 di Gelanggang Olahraga Stadion Haji Agus Salim, Kota Padang, Sumatera Barat.

news
Berita Selasa, 21 Jun 2022

Kembangkan Terus Sport Development Index, Kemenpora Adakan Bimtek SDI Wilayah Sumatera

Kementerian Pemuda dan Olahraga telah mengembangkan pengukuran Indeks Pembangunan Olahraga (Sport Development Index/SDI) yang diharapkan dapat memberikan data dan informasi tentang kontribusi olahraga bagi pembangunan.

news
Berita Kamis, 16 Jun 2022

Jaga Eksistensi: Museum Olahraga Nasional Gelar Pameran Olahraga

Museum Olahraga (MORA) Nasional menggelar pameran tunggal di Student Center, Universitas Kuningan, Jawa Barat pada 16-17 Juni 2022. Pameran diramaikan dengan gelaran koleksi MORA, temu fans olahragawan berprestasi, ekshibisi olahraga dan permainan, ekshibisi panahan, senam bersama dan pemutaran film olahraga.

news
Berita Rabu, 15 Jun 2022

Serah Terima Jabatan: Apa yang Ada di Depan Mata, Itu yang Kita Kerjakan!

Jakarta: Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga (Deputi 3) Kemenpora melaksanakan kegiatan Serah Terima Jabatan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator, dan Pengawas pasca pelantikan pada Rabu, 17 Juni 2022. Sebanyak 25 orang pegawai mengikuti kegiatan ini, diantaranya ada yang rotasi dan juga promosi baik di lingkungan Deputi 3 maupun ke unit kerja lainnya.

news
Berita Selasa, 14 Jun 2022

Kemenpora Gelar Penyusunan Pedoman Teknis Pembinaan dan Pengembangan Olahraga Masyarakat

Tangerang (14/06). Kemenpora menggelar penyusunan pedoman teknis pembinaan dan pengembangan olahraga masyarakat pada tanggal 13 sd 14 Juni 2022 hotel Golden Tulip Tangerang. Kegiatan ini menghadirkan para pakar olahraga, akademisi, dan perwakilan induk organisasi masyarakat.

news
Berita Senin, 13 Jun 2022

Bersama Agen Perubahan Kita Lakukan Perubahan

Bogor: Kegiatan Pengembangan SDM Aparatur pada Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga (Deputi 3) Kemenpora sekaligus menjadi momen untuk mengenalkan para agen perubahan terpilih. Sebanyak 12 (dua belas) orang agen perubahan perwakilan dari masing-masing unit keasdepan diperkenalkan kepada seluruh keluarga besar Deputi 3 pada malam keakraban Jumat, 11 Juni 2022.

news
Berita Sabtu, 11 Jun 2022

Tingkatkan Kemampuan SDM, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Adakan Kegiatan Pengembangan SDM

Bogor: Kementerian Pemuda dan Olahraga melaksanakan kegiatan bertajuk “Pengembangan SDM Aparatur” pada 10-11 Juni 2022 di Darmawan Park, Kabupaten Bogor yang diikuti oleh seluruh pegawai Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga. Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur merupakan elemen terpenting bagi instansi pemerintah yang berperan sebagai penggerak utama dalam mewujudkan visi misi serta tujuan organisasi pemerintah, dalam hal ini dalam membentuk gaya hidup berolahraga masyarakat. Mengingat begitu pentingnya SDM Aparatur, maka diperlukan adanya peningkatan kualitas dan profesionalisme agar organisasi dapat berkembang.

news
Berita Kamis, 09 Jun 2022

Festival Olahraga Usia Dini 2022: Pentingnya Aktivitas Gerak (Olahraga) Bagi Anak

Bengkulu: Kementerian Pemuda dan Olahraga kembali menggelar Festival Olahraga Usia Dini hari ini, 9 Juni 2022, setelah terakhir kali diselenggarakan pada tahun 2018. Festival yang didukung oleh perusahaan es krim terbesar di Indonesia bahkan asia tenggara PT. Aice Ice Cream Jatim Industry ini diselenggarakan di Gedung Pemuda dan Olahraga, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu.

news
Berita Senin, 30 Mei 2022

Sebanyak 43 Siwa/Siswi SMAN Atlet Binaan Kemenpora Wisuda

Jakarta: Belajar sambil latihan (olahraga) adalah kegiatan harian yang tak terpisahkan bagi siswa-siswi Sekolah Khusus Olahragawan (SKO) Binaan Kementerian Pemuda dan Olahraga. Sebanyak 43 Siwa/Siswi SMAN Atlet binaan Kemenpora diwisuda pada 27 Mei 2022 di Auditorium Pusat Pelatihan Olahraga Pelajar (PPOP) Ragunan, Jakarta Timur.

news
Berita Senin, 30 Mei 2022

Tak Hanya Miliki Pemandangan Alam yang Indah, Dieng Juga Ingin Menjadi Barometer Pembinaan Olahraga Tarung Bebas

Wonosobo: Pembukaan Kemenpora Dieng Open Tarung Bebas Indonesia (TBI) diselenggarakan di GOR Poedjiharjo Kampus UNSIQ 2 (Universitas Sains Alquran) Wonosobo pada Sabtu, 28 Mei 2022. Pembukaan ini dihadiri langsung oleh Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta.

news
Berita Senin, 23 Mei 2022

Menuju FORNAS VI Palembang, IOSKI Gelar Workshop untuk Terus Kembangkan Budaya Lokal lewat Senam

Jakarta: Workshop Exotic Sport Dance of Nusantara 3 dan Pelatihan Penjurian Senam Kreasi Daerah Tingkat Nasional resmi dibuka pada Senin, 23 Mei 2022 oleh Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta. Menuju Fornas VI Palembang Juli mendatang, kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan referensi peserta dalam pelaksanaan kegiatan olahraga masyarakat. Kegiatan ini diprakarsai oleh Pengurus Pusat Ikatan Olahraga Senam Kreasi Indonesia (IOSKI) yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari berturut turut yang diikuti oleh peserta dari lebih 14 provinsi.

news
Berita Selasa, 17 Mei 2022

Rapat Penyusunan Rencana Aksi RB: Kepuasaan Masyarakat atas Layanan Pemerintah Sama Pentingnya dengan Peningkatan Angka Partisipasi Berolahraga Masyarakat

Jakarta: Tim Pelaksana Reformasi Birokrasi Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga melaksanakan rapat penyusunan Rencana Aksi Reformasi Birokrasi pada 17 Mei 2022 di Bellezza Suites Hotel Jakarta. Rapat dilaksanakan secara tatap muka dan mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dengan tujuan tersusunnya rencana aksi Reformasi Birokrasi Deputi 3.

news
Berita Kamis, 28 Apr 2022

1.110 Masyarakat & Pedagang Es Krim Aice di 135 Kota - 5 Negara Catatkan Rekor MURI Senam Sundul Langit Ciptaan Kemenpora

1.110 Masyarakat & Pedagang Es Krim Aice di 135 Kota - 5 Negara Catatkan Rekor MURI Senam Sundul Langit Ciptaan Kemenpora

news
Berita Rabu, 20 Apr 2022

Dukung Integrasi Sistem Pengelolaan Keuangan, Deputi 3 Kemenpora Gelar Bimtek Aplikasi SAKTI

Jakarta: Kementerian Pemuda dan Olahraga mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) aplikasi Sistem Administrasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) pada 20 April 2022 bertempat di ruang Rapat Deputi 4, kantor Kemenpora. Diikuti peserta sebanyak 23 orang bendahara dan operator dari setiap unit keasdepan di Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga.

news
Berita Rabu, 06 Apr 2022

Deputi 3 Kemenpora Adakan Pelatihan Kehumasan Untuk Tingkatkan Kemampuan SDM

Jakarta: Kementerian Pemuda dan Olahraga mengadakan Pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) bertajuk “Pelatihan Edit Foto dan Video Kehumasan” pada 4 s.d. 7 April 2022 bertempat di ruang Data Center kantor Kemenpora. Peserta pelatihan berjumlah 20 orang yang mewakili setiap unit keasdepan di Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga.

news
Berita Kamis, 31 Mar 2022

Kemenpora Gelar Rapat Implementasi DBON tentang Pemanduan Bakat dan Kebugaran Jasmani

Jakarta (31/03). Kemenpora gelar Rapat Implementasi DBON tentang  Pemanduan Bakat dan Kebugaran Jasmani pada tanggal 30  Maret sd 1 April 2022 di  Hotel Ciputra Jakarta. Kegiatan ini menghadirkan perwakilan dari Kemendikbudristek, Kemenkes, para pakar dari UPI,UNESA, UNY, UNJ, UNNES, UNP, Universitas Surya Kencana, Universitas Mercubuana Yogyakarta, SMAN 26 Bandung, SDN 023 Pejagalan Bandung serta Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS).

ARTIKEL

news
Artikel Senin, 18 Des 2023

Pegiat Olahraga yang Deputi

Pegiat Olahraga yang Deputi
news
Artikel Kamis, 24 Agst 2023

Sport Development Index (SDI) dan Pembangunan Olahraga Indonesia

Sobatpora, coba dihitung berapa kali kita berolahraga dalam satu minggu? Satu kali, dua, tiga? Atau malah kita lewatkan satu minggu tanpa olahraga?
news
Artikel Rabu, 09 Agst 2023

Kita Kurang ini, Kurang itu

Saya tak kuasa nahan air mata menghadiri penutupan Pekan Paralimpiade Pelajar Nasional (Peparpenas) X di Palembang beberapa waktu lalu. Para atlet pelajar disabilitas nampak riang, gembira dan bahagia. Terlihat sekali wujud syukur mereka dengan cara paling sederhana. Mengutip kata-Kata Gus Baha "Salah satu wujud syukur adalah tertawa, gembira".
news
Artikel Selasa, 29 Nov 2022

Lebih Pede Lari Tanpa Sepatu, Selvia Wulandari Jadi Juara Pertama Lari 800 Meter Pospenas IX

Solo: Pelari putri dari Kontingen Jawa Timur, Selvia Wulandari berhasil menjadi juara pertama pada gelaran Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (POSPENAS) IX Tahun 2022. Lari merupakan salah satu bidang yang dilombakan pada cabang olahraga atletik dan dilaksanakan di Stadion Sriwedari Surakarta.
news
Artikel Selasa, 02 Agst 2022

Muda Rajin Olahraga, Tua Sehat Tulangnya

Menua dengan sehat, termasuk sehat tulang, tanpa mengalami keropos (osteoporosis) adalah impian banyak orang. Bagaimana cara kita mencegah osteoporosis?
PELAYANAN